sunset
Bisnis Properti - 10 Desember 2018

Perawatan Interior Rumah untuk Disewa, Bagaimana Agar Praktis?

Merawat rumah untuk disewa berkaitan dengan kesepakatan Anda dan pemilik. Apa saja yang harus diperhatikan? Simak ulasannya dari Orento

Banyak alasan mengapa orang lebih memilih untuk sewa rumah dibandingkan membelinya secara langsung. Alasan finansial, jarak, dan kepraktisan adalah beberapa di antaranya. Pada kenyataannya, merawat rumah sendiri atau rumah untuk disewa tidak terlalu berbeda jauh. Hanya saja, sebagai penyewa, kita memiliki tanggung jawab terhadap pemilik mengenai kondisi rumahnya.

Agar praktis, setidaknya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mulai menempati sebuah rumah sewa. Di antaranya, memeriksa kondisi rumah sebelum ditempati, memperhatikan spesifikasi rumah, dan mencari tahu batasan dekorasi yang boleh dilakukan. Dengan mengetahuinya lebih awal, Anda bisa mulai membuat sejumlah pengaturan dekorasi dan merencanakan sistem perawatannya.

Baca juga: Pilihan Furnitur Fungsional bagi Anda yang Sewa Apartemen Bulanan

Baca juga: Waspada Hal Ini sebelum Sewa-Menyewakan Apartemen Fully-Furnished

Baca juga: Sebelum Beli Sofa, Ini yang Harus Diperhatikan

Perhatikan Kesepakatan saat Menyewa Rumah

Perawatan Interior Rumah untuk Disewa, Bagaimana Agar Praktis?

Sumber : Jempolkaki.com

Saat memutuskan jadi atau tidaknya menyewa rumah, terutama untuk penyewaan jangka panjang, biasanya kedua belah pihak membuat sejumlah kesepakatan terkait hak dan kewajiban masing-masing. Adapun berdasarkan KUH Perdata nomor 1563, pemeliharaan selama perjanjian berjalan menjadi tanggung jawab penyewa.

Lebih jauh lagi, penyewa wajib mengembalikan rumah dalam kondisi semula kepada pemilik. Agar lebih yakin mengenai kondisi awal rumah, perhatikan setiap sudut rumah dari aspek eksterior dan interiornya agar lebih mudah untuk menjaga kondisinya.  

Lakukan Pencatatan Spesifikasi Interior Rumah

Perawatan Interior Rumah untuk Disewa, Bagaimana Agar Praktis?

Sumber : Sharingkali.com

Sebagian rumah yang disewakan biasanya menyertakan sejumlah furnitur di dalamnya. Pastikan Anda bersama pemilik rumah mencatat serta memasukkan daftar barang-barang tersebut ke dalam perjanjian tertulis. Hal ini perlu dilakukan sebagai dokumentasi resmi. Jika perlu, sertakan dalam bentuk foto untuk memudahkan kedua belah pihak mengecek kembali barang-barang tersebut saat perjanjian sewa rumah berakhir.   

Jika spesifikasi rumah serta furnitur yang ada didata dengan baik, Anda tidak akan terlalu repot merawatnya. Anda tinggal memastikan bahwa rumah digunakan sebagaimana mestinya dan dijaga kondisinya. Beberapa kerusakan yang mungkin terjadi, seperti kebocoran atap atau keretakan dinding bisa disepakati bersama pemilik, siapa yang akan membayar biaya perbaikannya.

Bagaimana Jika Ingin Menambahkan Dekorasi pada Interior Rumah?

Perawatan Interior Rumah untuk Disewa, Bagaimana Agar Praktis?

Sumber : Okezone Lifestyle

Untuk menambah kenyamanan rumah sewa, sering kali penyewa memiliki keinginan untuk melakukan dekorasi atau sejumlah penataan, seperti mengecat ulang, memasang wallpaper, atau  melubangi dinding untuk memasang gambar atau ornamen dekorasi lainnya. Sebelum melakukannya, sebaiknya konsultasikan dulu hal tersebut kepada pemilik rumah. Biasanya, selama dekorasi tidak mengubah atau merusak struktur rumah, pemilik akan memberikan izin.

Sewa Rumah Secara Legal

Perawatan Interior Rumah untuk Disewa, Bagaimana Agar Praktis?

Sumber : rumahku.com

Jika hal-hal di atas diperhatikan dengan baik, perawatan rumah sewa akan terasa lebih praktis dan efektif. Sebab, Anda hanya perlu memelihara aspek yang sudah ada. Yang terpenting, pastikan Anda sewa rumah secara legal. Maksudnya, tidak menyewa rumah dari tangan kedua.

Untuk memastikan legalitas rumah yang Anda sewa, sebaiknya cari iklan rumah untuk disewa di website resmi seperti Orento.id. Orento.id mempertemukan Anda dengan pemilik bisnis properti di berbagai daerah di Indonesia. Legalitas sewa rumah aman, hati pun tenang!

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved