sunset
sewa apartemen bulanan - 10 Desember 2018

Ini 5 Hal tentang Sinking Fund yang Wajib Diketahui

Sinking fund adalah simpanan jangka panjang yang disetor penyewa untuk pemeliharaan apartemen. Ini 5 hal yang wajib Anda ketahui.

Sinking fund adalah simpanan jangka panjang yang dibayarkan oleh penyewa untuk pemeliharaan apartemen. Sebagai pemilik apartemen, Anda tentu harus punya ‘tabungan’ khusus yang berisi dana pengelolaan gedung. Seperti lazimnya bangunan yang disewa, karena ada pemakaian rutin, maka perlu juga perawatan berkala.

Tentu Anda berharap penyewa menggunakan dan menjaga apartemen beserta fasilitasnya dengan baik. Namun, kerusakan kadang tidak bisa dihindari, baik akibat disengaja, insiden atau kecelakaan, maupun termakan usia. Alih-alih menyiapkan dana pribadi atau menyisihkan sekian persen dari biaya sewa, lebih baik jika komponen biaya ini sudah termasuk dalam pembayaran wajib penyewa.

Baca juga: Asuransi Properti Itu Penting

Baca juga: Inilah Kriteria Apartemen yang Menarik Minat Sewa Ekspatriat

Baca juga: Waspada Hal Ini sebelum Sewa-Menyewakan Apartemen Fully-Furnished

Pengenaan sinking fund pada penyewa lebih masuk akal karena mereka adalah pemakai, bukan Anda. Maka, mereka juga harus turut andil dalam perawatan komponen gedung, misalnya instalasi listrik, pendingin ruangan, dan saluran air. Anda pun lebih leluasa mengatur pembagian hasil dari uang sewa apartemen bulanan karena sudah ada sumber dana untuk menutupi biaya perawatan, perbaikan, maupun pengeluaran tak terduga di kemudian hari.

Mengingat sinking fund adalah kewajiban penyewa, maka Anda perlu mengetahui 5 hal berikut.

Fungsi Sinking Fund

Ini 5 Hal tentang Sinking Fund yang Wajib Diketahui

Sumber : legal buddy

Ketika penyewa bertanya mengapa ada banyak sekali service charge yang harus mereka bayarkan, maka Anda bisa menjelaskan ini: sinking fund akan menjadi sumber dana untuk memperbaiki kerusakan yang timbul akibat pemakaian sang penyewa. Sebagai contoh, ada kebocoran saluran air di kamar mandi. Maka, biaya perbaikan diambil dari dana tersebut, bukan dari setoran sewa.

Besaran Biaya yang Dibayarkan

Ini 5 Hal tentang Sinking Fund yang Wajib Diketahui

Sumber : 99.co

Sistem pembayaran sinking fund bisa Anda atur sesuai kesepakatan dengan penyewa. Namun, iuran perawatan bangunan ini umumnya dibayarkan per tahun atau diangsur per bulan di muka sebelum masa sewa satu tahun usai. Ketentuan ini tidak mutlak, karena bergantung pula pada kondisi gedung. Adapun besaran biaya yang dibayarkan berkisar antara 10%-15% dari iuran pengelolaan atau IPL.

Jumlahnya Dapat Meningkat dari Tahun ke Tahun

Ini 5 Hal tentang Sinking Fund yang Wajib Diketahui

Sumber : rumah-123

Jumlah sinking fund yang ditanggung penyewa bisa meningkat dari tahun ke tahun. Perlu Anda tahu, besaran sinking fund diperoleh dari perkiraan komponen apa saja yang perlu pembaruan dan pemeliharaan rutin saat apartemen pertama kali didirikan. Tentu saja nominal biaya tersebut jadi tidak pasti karena setiap tahun akan ada kenaikan harga bahan bangunan atau biaya jasa perbaikan.

Tidak Bisa Diambil Ketika Penyewa Pindah

Ini 5 Hal tentang Sinking Fund yang Wajib Diketahui

Sumber : Merdeka

Sampaikan bahwa sinking fund tidak bisa diambil ketika penyewa pindah. Justru dana tersebut akan Anda pakai untuk memperbaiki bagian-bagian apartemen yang rusak akibat pemakaian maupun tagihan-tagihan yang tidak terbayar. Jadi, penghuni selanjutnya cukup membayar harga sewa apartemen di Jakarta sesuai kesepakatan. Mereka tidak perlu menanggung seluruh beban biaya dari penghuni terdahulu.

Menjaga Nilai Properti

Ini 5 Hal tentang Sinking Fund yang Wajib Diketahui

Sumber : Zeebiz

Keberadaan sinking fund berperan besar dalam menjaga nilai properti Anda. Penyewa berikutnya tentu tidak ingin terbebani oleh biaya perbaikan, perawatan, hingga tagihan yang belum dibayarkan penghuni terdahulu. Anda juga tidak harus merogoh kocek pribadi atau mengalihkan sebagian hasil sewa guna perbaikan besar-besaran. Jadi, nilai properti pun tetap stabil karena Anda tidak perlu menanggung kerugian akibat kerusakan yang butuh perbaikan segera.

Sinking fund adalah hal penting yang wajib Anda sampaikan pada penyewa sebelum membuat kesepakatan perihal sewa apartemen. Kini, Anda dapat menjangkau lebih banyak penyewa dengan bergabung bersama Orento, platform sewa-menyewa hunian jangka panjang. Bersama Orento, membuat perjanjian sewa menyewa jadi lebih mudah, praktis, dan aman. Yuk, bergabung dengan Orento sekarang juga!

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved