sunset
Perjanjian sewa rumah - 21 November 2018

Mau Sewa Rumah? Ini Hak dan Kewajiban Penyewa yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum betul-betul berpindah ke rumah kontrakan, ketahui secara rinci hak dan kewajiban apa saja yang akan Anda peroleh/tunaikan sebagai seorang penyewa.

Dari sekian banyak jenis unit properti, rumah kontrakan bisa menjadi pilihan praktis untuk Anda yang sedang merantau dan membutuhkan hunian yang aman, nyaman, serta cukup privasi. Selain harga sewa yang relatif lebih murah dibandingkan apartemen, Anda juga bisa lebih leluasa beraktivitas di rumah kontrakan—tanpa perlu risih dengan tetangga kamar, seperti di kebanyakan kost.

Namun, sebelum betul-betul berpindah ke rumah kontrakan, ketahui secara rinci hak dan kewajiban apa saja yang akan Anda peroleh/tunaikan sebagai seorang penyewa. Hal ini penting untuk menghindari masalah di kemudian hari yang kemungkinan akan merugikan salah satu atau bahkan kedua belah pihak.

Baca juga: Izin yang Harus Dimiliki Pemilik Kost

Baca juga: Tips Agar Tidak Pusing Ketika Pindahan

Baca juga: 3 Keuntungan Investasi Apartemen

Hak dan kewajiban penyewa - Mau Sewa Rumah? Ini Hak dan Kewajiban Penyewa yang Perlu Anda Ketahui - rumahsyariahberkah.com

Image source: rumahsyariahberkah

Hak Penyewa
Sebagai penyewa rumah, pada dasarnya Anda memiliki 2 macam hak, yakni:

⦁ Menggunakan Unit yang Sudah Disepakati

Perjanjian sewa rumah seharusnya tak terbatas pada biaya dan jangka waktu sewa, tapi juga mencakup hal dasar lain seperti menerima rumah sesuai dengan kesepakatan. Artinya, jika pada perjanjian Anda akan mendapatkan rumah kontrakan dengan 3 kamar, maka tuan rumah wajib memenuhinya.

Selain itu, dalam jangka waktu sewa yang sudah ditentukan, pemilik tidak berhak mengusir Anda atas alasan apa pun—selama itu tidak bertentangan dengan perjanjian sewa rumah. Pun mereka tidak boleh menjual rumah selama Anda masih memiliki hak tinggal dan pakai atas properti tersebut.

⦁ Memperoleh Kenyamanan, Ketentraman, dan Keamanan

Meski terkesan sepele, nyatanya banyak pemilik rumah kontrakan yang mengabaikan kenyamanan penyewanya. Padahal kenyamanan, ketentraman, serta keamanan merupakan hak dasar setiap penyewa rumah.

Hal ini bahkan tercantum dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Pasal 1550 poin ketiga, yang berbunyi, “Memberikan hak kepada penyewa untuk menikmati barang yang disewakan dengan tentram selama berlangsungnya sewa.”

Ini berarti Anda berhak mendapatkan unit properti yang nyaman, aman, dan bersih, lengkap dengan fasilitas yang masih berfungsi dengan baik. Jangan sungkan menyampaikan komplain kepada pemilik rumah jika mendapati sesuatu yang membuat Anda merasa kurang nyaman, meskipun itu sesepele suara bising.

Kewajiban
Saat menyewa rumah, Anda tentu juga memiliki beberapa kewajiban yang harus dipenuhi, antara lain:

⦁ Membayar Uang Sewa Tepat Waktu

Hak dan kewajiban penyewa - Mau Sewa Rumah? Ini Hak dan Kewajiban Penyewa yang Perlu Anda Ketahui - Law.com

Source image: Law.com

Membayar uang sewa tepat waktu sesuai perjanjian yang sudah disepakati merupakan kewajiban pertama yang harus Anda tunaikan sebagai seorang penyewa. Tanpa membayar uang sewa, jangan harap Anda bisa mendapatkan hak dan menikmati fasilitas dari rumah kontrakan tersebut.

Uang sewa memang hendaknya dibayar sesegera mungkin karena pihak pemilik atau pengelola juga membutuhkannya biaya untuk perawatan dan operasional properti, seperti listrik, air, dan sebagainya. Pun jika jatuh tempo tiba tapi Anda belum memiliki uang untuk melunasi biaya sewa, jangan segan untuk meminta kelonggaran waktu kepada tuan rumah.

⦁ Menggunakan Properti Sesuai Peruntukannya

Menggunakan properti sesuai dengan peruntukannya juga termasuk dalam kewajiban yang harus dipatuhi penyewa. Sebagai contoh Anda menyewa sebuah rumah kontrakan untuk tempat tinggal pribadi, maka jangan sekali-kali memanfaatkannya untuk membuka toko.

Tidak masalah jika pemilik properti tidak mempersoalkannya. Namun Anda perlu tahu kalau tindakan semacam ini sudah termasuk melanggar perjanjian sewa rumah yang sudah disepakati di awal.

⦁ Menjaga Kebersihan dan Kenyamanan Rumah

Hak dan kwajiban penyewa - Mau Sewa Rumah? Ini Hak dan Kewajiban Penyewa yang Perlu Anda Ketahui - intisari.grid.id

Image source: intisari.grid

Kenyamanan dan kebersihan semestinya bukan hanya hak, tapi juga tanggung jawab Anda sebagai penyewa. Jika Anda menuntut kenyamanan dari pemilik rumah, Anda juga wajib menciptakan suasana yang sama.

⦁ Menjaga Properti Sewa

Memastikan properti sewaan terjaga dengan baik adalah kewajiban dari penyewa. Kecuali terkena bencana alam, segala kerusakan yang terjadi di dalam hunian sewaan tersebut sepenuhnya merupakan tanggung jawab Anda. Anda menyewa rumah dalam kondisi baik, maka harus kembali juga dalam kondisi baik.

Soal penalti akibat kerusakan sewa, ada baiknya Anda mendiskusikannya dengan pihak pemilik properti. Bicarakan secara jelas mengenai aturan dan batasan ganti rugi ketika ada barang di rumah yang rusak—terutama jika Anda menyewa rumah yang fully-furnished.

Aturan Perundang-undangan tentang Sewa Rumah

Hak dan kewajiban penyewa - Mau Sewa Rumah? Ini Hak dan Kewajiban Penyewa yang Perlu Anda Ketahui - alotuvanluat.com

Source image: alotuvanluat

Mengenai perlindungan hukum bagi penyewa properti sendiri sudah diatur secara jelas dalam Peraturan Pemerintah No 44 Tahun 1994, yang membahas tentang hak dan kewajiban penyewa, jangka waktu sewa, serta besaran harga sewa rumah.

Dengan berpedoman pada produk hukum tersebut, Anda dan pemilik properti bisa membuat surat perjanjian sewa rumah yang isinya menyangkut 3 macam klausul di atas. Penandatanganan surat perjanjian ini menjadi bukti sah bahwa Anda dan tuan rumah memiliki hak dan kewajibannya masing-masing yang harus ditunaikan.

Jika suatu hari terjadi hal-hal yang menyalahi aturan atau kesepakatan, Anda bisa menggunakan surat perjanjian tersebut sebagai “media” untuk bernegosiasi. Dengan memahami hak dan kewajiban sebagai seorang penyewa, Anda pun akan terhindar dari perasaan curiga, tak nyaman, atau bahkan dicurangi oleh pihak pemilik properti.

Bagi Anda yang masih mencari properti untuk disewa dalam jangka panjang, baik berupa rumah, apartemen, maupun kamar kost, silakan kunjungi Orento. Platform ini siap mempertemukan pemilik properti dengan calon penyewa dari seluruh Indonesia dengan prosedur sewa yang mudah, aman, dan tepercaya!

Suka dengan info yang kami berikan? Dan ingin menikmati informasi lainnya? Kamu bisa temukan semuanya di blog.orento.id

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved