sunset
furnishedproperty - 15 November 2018

Waspada Hal Ini sebelum Sewa-Menyewakan Apartemen Fully-Furnished

Tuan rumah dan penyewa yang akan menyewa atau menyewakan unit furnished property pribadi, jangan lupa mempertimbangkan hal-hal berikut ini ya!

Sewa menyewakan apartemen adalah hal yang jamak ditemui saat ini. Biasanya unit sewaan dibagi menjadi 2 macam: kosong atau fully-furnished. Nah, kali ini Orento akan membahas tentang hal-hal yang wajib diwaspadai saat akan sewa/menyewakan furnished property atau yang sudah diisi dengan perabotan rumah tangga lengkap.

Tuan Rumah
Jika Anda adalah tuan rumah yang akan menyewakan unit furnished property pribadi, jangan lupa mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

  •  Menyaring Calon Penyewa

Dibandingkan hunian kosong, properti fully furnished tentu lebih berpotensi menimbulkan risiko saat disewakan. Pasalnya, Anda tidak tahu bagaimana si penyewa menggunakan perabot rumah tangga dan barang-barang lain yang Anda tinggalkan.

Karenanya, penting bagi Anda untuk mengantongi identitas dan latar belakang si penyewa. Tanyakan apa kesibukannya (kerja, kuliah, dsb), siapa yang akan tinggal di rumah tersebut, dan lain-lain.

Baca juga: Asuransi Properti Itu Penting

Baca juga: Sebelum Beli Sofa, Ini yang Harus Dilakukan

Baca juga: Floating Bookshelf untuk Para Bookaholic

  • Ada Perjanjian Jelas

Furnished property - Waspada Hal Ini sebelum Sewa-Menyewakan Apartemen Fully-Furnished - magazine.job-like.com

Source image: magazine.job-like.com

Untuk menjaga hak dan kewajiban masing-masing (penyewa dan tuan rumah), serta menghindari hal-hal tak diinginkan di kemudian hari, jangan lupa membuat perjanjian sewa secara jelas. Perjanjian yang dimaksud antara lain berupa kesepakatan pembayaran tagihan air, listrik, sampah, keamanan, perawatan rumah/apartemen, dan semacamnya.

  • Catat Perabot Milik Anda

Sebelum menyewakan hunian, jangan lupa mencatat seluruh perabot milik Anda untuk meminimalisasi kerugian yang mungkin terjadi di kemudian hari. Jika ada barang yang sekiranya berharga, misalnya guci keramik, lukisan, atau lainnya, sebaiknya pindahkan ke tempat yang lebih aman.

Penyewa
Selain tuan rumah, calon penyewa unit properti fully-furnished juga wajib waspada dengan memperhatikan hal-hal berikut.

  •  Biaya Sewa

Furnished property - Hal Ini sebelum Sewa-Menyewakan Apartemen Fully-Furnished - bohatala.com

Source image: bohatala.com

Buat kesepakatan dengan pemilik properti mengenai besaran biaya sewa yang harus Anda bayar setiap bulan atau tahunnya. Tanyakan juga kepada tuan rumah apakah biaya tersebut juga meng-cover pos lain, seperti air, listrik, dan sebagainya.

  • Aturan Perawatan

Masing-masing tuan rumah memiliki kebijakan berbeda ketika menyewakan fully-furnished property-nya; ada yang membebaskan penyewa melakukan perawatan dan perbaikan apa saja, ada juga yang tidak.
Penting juga bagi Anda untuk menanyakan tentang boleh tidaknya menata ulang perabot dan furnitur sesuai keinginan. Bicarakan hal ini sejak awal agar tidak ada selisih paham nantinya.

  • Waspada Penalti

Furnished property - Waspada Hal Ini sebelum Sewa-Menyewakan Apartemen Fully-Furnished - idea.grid.id

Source image: idea.grid.id

Menyewa hunian fully-furnished artinya Anda juga harus bertanggung jawab atas barang-barang di dalamnya. Bicarakan dengan tuan rumah mengenai aturan penalti jika nanti ada barang yang hilang atau rusak. Cara paling aman dan adil adalah meminta daftar barang yang ada di dalam rumah/apartemen tersebut.

Sewa menyewa properti fully-furnished tentu memiliki kekurangan dan kelebihan yang wajib dipertimbangkan. Jika Anda masih mencari referensi properti fully-furnished yang nyaman, kunjungi saja Orento!

Platform ini menyediakan beragam pilihan unit properti jangka panjang yang mempertemukan tuan rumah dan penyewa dengan proses yang cepat, aman, dan tepercaya.

Suka dengan tips yang kami berikan? Dan ingin menikmati hunian seperti ini? Kamu bisa temukan semuanya di blog.orento.id

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved