sunset
orento living - 6 September 2018

Kelebihan dan Kekurangan 3 Jenis AC

Orento akan membahas perbedaan AC Standar, AC Low Watt dan AC Inverter. Kalau Anda sudah tahu kelebihan dan kekurangannya, jadi lebih mudah untuk pilih yang sesuai dengan kebutuhan kan!

Setiap pembayaran tagihan listrik bulanan, ternyata penggunaan AC (Air Conditioner) memakan biaya sekitar 40%-60%. Melihat kontribusi AC yang sebesar itu, Orento akan memberikan solusi agar tagihan listrik Anda tidak membludak di akhir bulan.

Ketika Anda tertarik untuk membeli AC, baiknya Anda harus melakukan perhitungan untuk menentukan kebutuhan PK AC. Bagaimana cara perhitungannya? Orento telah merangkumnya dalam artikel Hemat Listrik Dengan Menghitung Kebutuhan PK AC.

Lalu bagaimana ketika Anda diberi pilihan AC Standard, Low Watt atau AC Inverter? Tentunya, masing-masing AC tersebut pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Kali ini, Orento akan membahas ketiga jenis AC tersebut dengan harapan Anda akan mengerti perbedaan dari masing-masing jenis AC tersebut.

  • AC Inverter

Inverter merupakan kategori AC modern yang memiliki komponen untuk mengatur kerja kompresor sesuai dengan kebutuhan. Jadi, AC Inverter akan terus bekerja untuk memastikan suhu ruangan sesuai dengan suhu yang disetel pada remotenya.

Bagaimana dengan tarikan listriknya? Pada saat dinyalakan, AC Inverter akan menarik listrik cukup tinggi dan bisa mendinginkan suhu ruangan dalam waktu yang relatif cepat. Tapi, jenis AC ini tidak cocok untuk ruangan yang pintunya kerap dibuka tutup atau banyak orang keluar masuk.

Kelebihan: Cepat mendinginkan ruangan

Kekurangan: Biaya perawatan mahal

Cocok untuk ruang tidur

Kelebihan dan Kekurangan 3 Jenis AC

  • AC Standard

Ketika dinyalakan, kompresor AC konvensional ini akan beroperasi dengan kapasitas penuh untuk mendinginkan ruangan. Saat suhu yang diinginkan sudah tercapai, maka kompresor akan mati. Lalu, jika Anda menaikan suhu di remote, maka kompresor akan kembali menyala dengan tarikan listrik yang tinggi kembali.

AC ini cocok untuk ruangan yang menggunakan AC dalam waktu yang pendek, dan pintu ruangan sering dibuka tutup.

Kelebihan: Biaya perawatan murah

Kekurangan: Listriknya lebih boros

Cocok untuk ruang tamu, ruang karaoke atau kantor

  • AC Low Watt

Cara kerja AC jenis ini, hampir sama dengan AC Standard tetapi perbedaannya terletak pada kompresornya yang menggunakan daya listrik lebih kecil. Bahkan, tipe AC ini cocok digunakan untuk rumah yang memiliki daya listrik kecil

Kelebihan: Penggunaan listrik tidak terlalu boros

Kekurangan: Mendinginkan ruangan butuh waktu lama

Cocok untuk ruang tamu, ruang karaoke atau kantor

Baca juga: AC Sehat Listrik Hemat

Baca juga: Lupa Cabut Steker Bikin Listrik Boros?

Lalu, tipe AC apa yang paling irit? Kemungkinan AC Low Watt (penggunaan waktu tidak lama) dan AC Inverter (penggunaan waktu lama). 

So, sebelum membeli AC, Anda harus mengetahui kebutuhan Anda serta kelebihan dan kekurangan dari berbagai jenis AC. Suka dengan tips yang kami berikan? Dan ingin mendapatkan tips yang lainnya? Kamu bisa temukan semuanya di blog.orento.id

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved