sunset
hemat listrik - 12 Juni 2018

AC Sehat Listrik Hemat

Mau punya AC sehat dengan penggunaan daya listrik yang hemat? Ayo ikuti tips cara penggunaan AC yang tepat bersama Orento!

Cuaca panas dan terik sering terjadi pada puncak musim kemarau di Indonesia. Kalau panas sudah menerjang, maka penyejuk udara atau AC (air conditioner) jadi yang paling dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Perlu kita ketahui, AC adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).

Masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan AC, tetapi masih banyak juga yang salah dalam tata cara penggunaan AC yang baik dan benar. 

Ketika AC di rumah bermasalah, banyak orang yang kecewa dengan merk AC yang dibelinya. Padahal, banyak konsumen yang melakukan kesalahan fatal dalam penggunan dan membuat AC jadi cepat rusak. Belum lagi, tagihan listrik yang ikut membengkak karena pemakaian AC yang tidak teratur. Nah, kali ini Orento akan memberikan tips bagaimana cara membuat AC panjang umur dan penggunaan listrik tidak membludak. 

Pilih PK AC

Tentukanlah PK yang sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda dan ada berapa orang yang akan berada di dalam ruangan tersebut. 

Sebelum Anda membeli AC, berikut panduan perhitungan yang bisa digunakan:

  • 1/2PK = 5000 Btu/h (ukuran ruangan 10m2)
  • 3/4PK = 7000 Btu/h (ukuran ruangan 14m2)
  • 1PK = 9000 Btu/h (ukuran ruangan 18m2)
  • 1 1/2PK = 12000 Btu/h (ukuran ruangan 24m2)
  • 2PK = 18000 Btu/h (ukuran ruangan 36m2)

Atur suhu di atas 22 derajat celcius

AC adalah Air Conditioner dan bukan Air Cooler, jadi gunakan suhu sekitar 22-24 derajat celcius saja dan atur fan speed dalam kecepatan medium. Jika Anda terus menerus menggunakan suhu 16 derajat, maka kompressor tidak pernah istirahat dan terus bekera 100% sehingga bisa memperpendek usia kompressor AC Anda. 

Cuci AC

Cuci filter AC selama 1 minggu sekali dan cuci unit indoor outdorr setiap 6 bulan sekali. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan sirkulasi udara dan bisa membuat AC jadi lebih awet.

    Lakukan pengecekan rutin

    Hal ini harus dilakukan untuk mengecek kesehatan AC dan menghindari tagihan listrik yang membludak nantinya.

    Jangan buka tutup pintu

    Jika terbiasa menyalakan AC dalam keadaan pintu terbuka, maka suhu udara di dalam ruangan jadi tidak stabil. 

    So, tips ini bisa kamu terapkan dan rasakan hematnya di tiap bulan. Suka dengan tips yang kami berikan? Dan ingin mendapatkan tips yang lainnya? Kamu bisa temukan semuanya di blog.orento.id

    Bagikan artikel ini:
    © 2018 Orento. All rights reserved