sunset
Beli rumah - 12 Juni 2018

4 Tips Punya Rumah di Usia 20-an

Meski Anda masih muda. Tapi, sudah saatnya menabung demi masa depan yang mapan. Salah satu yang harus disiapkan adalah rumah pribadi dengan cara yang mandiri. Gimana tipsnya?

Meskipun usia Anda masih muda dan belum memiliki keluarga. Tapi, sudah saatnya Anda mulai menabung untuk persiapan masa depan yang mapan. Telah kita ketahui, beberapa orang menganggap rumah sebagai tolak ukur kemapaman seseorang. Akibatnya, anak muda sudah harus memikirkan berbagai macam cara untuk beli rumah.

Sebenarnya, ada salah satu cara yang umum untuk memiliki rumah yaitu mencicil ke bank melalui sistem Kredit Kepemilikan Rumah (KPR). Tapi, bukan hal yang mudah untuk memenuhi syaratnya. Kamu muda-mudi setidaknya paham tentang DP dan cicilan per bulan yang akan dibayarkan.

Baca juga: 4 Tips Dekorasi Kamar Tidur Mungil

Baca juga: Lupa Cabut Steker Bikin Listrik Boros?

Lalu bagaimana sih caranya, agar anak muda yang usia 20-an bisa ambil cicilan rumah atau bahkan bisa beli rumah tanpa cicilan? Yuk simak tips selengkapnya dari Orento.

Atur pengeluaran
Jika Anda sudah memiliki pendapatan, sudah saatnya mulai mengatur pengeluaran. Nampaknya, perlu dibagi-bagi menjadi uang kesehatan, tabungan, cicilan dan biaya hidup satu bulan. Bagi anak muda, mengatur keuangan mungkin adalah hal yang begitu sulit. Tapi, apa salahnya dicoba? Mungkin Anda akan lebih terbiasa.

Investasi
Menabung bukan berarti uang Anda hanya mengendap di dalam buku rekening. Jika tabungan sudah cukup banyak, tidak ada salahnya untuk melakukan perputaran uang. Coba Anda cari tahu, apa bisnis atau investasi yang Anda kuasai. Tapi, coba perhitungkan dan buat strategi yang matang ya untuk bisnis barunya.

Pilih tenor yang sesuai
Memilih tenggat waktu (tenor) memang ada perhitungannya. Jika paling lama misalnya 20 tahun, maka bisa meringankan cicilan per bulan Anda. Lalu ada paling cepat misalnya 5 tahun, maka cicilan akan lebih besar dan lebih Anda jadi lebih cepat melunasi hutang.

Jaga Kesehatan
Kerja keras memang harus. Tapi, istirahat juga jadi prioritas utama. Anda harus mengimbangi waktu antara olahraga, kerja dan istirahat, karena biaya pengobatan bisa menguras tabungan Anda. Selain bisa hidup jadi lebih sehat, Anda bisa membayar cicilan dengan jasmani yang kuat.

Gaji anak muda pasti akan terus meningkat, seiring kinerja dan jabatannya. Tapi, meskipun begitu, Anda harus mengatur semuanya dengan cara yang cerdas agar tidak terjadi masalah dikemudian hari.

Suka dengan tips yang kami berikan? Dan ingin mendapatkan tips menarik lainnya? Kamu bisa temukan semuanya di blog.orento.id

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved