sunset
Orento Hosting - 12 Juni 2018

3 Cara Cari Pengembang Properti yang Baik

Hindari pengembang nakal dengan sebuah akal. Sebelum memutuskan untuk pilih pengembang, coba pahami dulu 3 kriteria yang Orento cantumkan ya!

Bagi Anda yang ingin membeli rumah, pengembang (developer) adalah salah satu pilihan yang bisa memudahkan Anda dalam mengurusi persyaratan. Kenapa demikian? Karena pihak pengembanglah yang akan jadi pihak ketiga dan mengurus semuanya.

Dikarenakan pengembang memegang peran yang begitu penting dalam berbagai transaksi properti, tentunya Anda harus selektif saat menjatuhkan pilihan terhadap satu pengembang. Salah satu caranya, Anda bisa melihat track record (kredibilitas) proyek pengembang pada tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, berikut adalah beberapa point penting untuk temukan pengembang yang tepat.

Baca juga: 3 Keuntungan Investasi Apartemen

Baca juga: Tips Untung dari Bisnis Properti

Kredabilitas
Hubungan Anda dengan pengembang akan berlangsung mulai dari tahap pemesanan, perjanjian pengikat jual beli (PPJB), atau dengan akta jual beli (AJB). Anda dan pengembang akan melakukan transaksi secara hukum. Maka dari itu, akan lebih aman jika Anda membeli properti dari pengembang yang sudah go public dan memiliki track record yang baik.

Legalitas
Apapun properti yang ingin Anda beli, baik rumah, apartemen atau lainnya, pastikan berada di atas tanah yang memiliki sertifikatnya. Sebagai calon pembeli, Anda berhak untuk bertanya secara detil mengenai surat menyurat ini. Jika Anda membeli properti di atas tanah yang bermasalah, maka risiko di kemudian hari akan begitu tinggi. Jadi, tidak ada salahnya untuk melihat sertifikat tanah secara langsung.

Komitmen
Anda tertarik melihat proyek pengembang yang begitu memukau dengan lokasi strategis, bentuk properti yang bagus dan fasilitas pendukung lainnya. Sebelum melanjutkan ke pembelian, ada baiknya Anda mengkonfirmasi kepada pihak pengembang secara detail. Fasilitas apa saja yang akan didapatkan, bagaimana kualitas bangunannya dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Bahkan, Anda bisa membuat surat perjanjian dengan pengembang mengenai ketepatan waktu serah terima atau kualitas bangunan, sebelum membayar DP (uang booking).

Suka dengan tips yang kami berikan? Dan ingin mengetahui tips menarik lainnya? Kamu bisa temukan semuanya di blog.orento.id

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved