sunset
tuan rumah - 8 Juni 2018

4 Kesalahan Tuan Rumah

Sebelum memulai bisnis, kamu harus paham bagaimana strateginya, karena bisnis itu biar untung, bukan buntung. Hindari kesalahan bisnis sewa menyewa bersama Orento!

‘Paling enak jadi juragan sewa properti, tinggal duduk, duit datang dengan sendiri’, pepatah itu pasti sudah sering Anda dengar di mana-mana. Tapi, nyatanya menjalani kegiatan sebagai pemilik sewa itu cukup sibuk, serius dan begitu profesional. Jadi, Anda tidak bisa terlalu santai jika ingin serius dan sukses di bisnis sewa-menyewa.

Meskipun terlihat mudah dan santai, hanya duduk-duduk mengunggu penyewa datang dan menerima uang tiap bulan, ternyata pemilik sewa harus memiliki strategi yang tepat agar tidak merugi pada bisnis ini. Terutama, untuk pemilik sewa yang masih pemula, hindari kesalahan ini ya.

Meremehkan Biaya Operasional
Pemilik sewa baru seringkali meremehkan biaya operasional. Perlu Anda ketahui, biaya operasional yang dimaksud ialah biaya hipotek, pajak, asuransi, biaya pemeliharaan, listrik, air dan sebagainya. Tentu saja, perlu ada perhitungan yang tepat dalam bisnis sewa menyewa. Catatlah semua biaya operasional agar tidak salah dalam menetapkan harga sewa.

Tidak Seleksi Penyewa
Ada penyewa yang bisa membuat bisnis Anda berkembang, tapi ada juga penyewa yang bisa menghancurkan bisnis Anda di masa depan. Jadi, seleksi penyewa yang bisa diajak bekerjasama dengan tepat. Tidak hanya menyewa dan membayar tiap bulan, perhatikan sikap dan kelakuan dari calon penyewa Anda.

Tidak Pantau Penyewa
Dalam bisnis sewa menyewa, pasti ada pelanggan yang datang dan pergi. Jika sudah mendapatkan penyewa, pemilik sewa harus rutin melakukan pemantauan dan memastikan bahwa kondisi properti dalam keadaan baik-baik saja. Bahkan, sebelum penyewa menyelesaikan masa sewanya dan pergi, pemilik sewa harus melakukan pengecekan agar tidak mendapatkan kerugian.

Tidak Pahami Hukum Sewa Menyewa
Sebelum memulai bisnis properti, Anda harus mempelajari dan memahami ketentuan hokum dan undang-undang yang mengatur tentang bisnis sewa menyewa. Kenapa ini begitu penting? Karena pengetahuan hukum yang kuat, bisa menghindari penipuan dalam berbisnis dan membuat pemilik maupun penyewa merasa nyaman.

Jadi, memanen uang dari bisnis property memang terlihat menggiurkan. Tapi, jangan terlena dangan kemudahan itu ya. Pemilik sewa harus memperhatikan aset hingga keuntungannya, karena bisnis itu untuk untung, bukannya buntung.

Suka dengan tips yang kami berikan? Dan ingin menikmati hunian seperti ini? Kamu bisa temukan semuanya di blog.orento.id

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved