sunset
orento living - 8 Juni 2018

Lupa Cabut Steker Bikin Listrik Boros?

Tindakan kecil yang disertai kesadaran ini sungguh bermanfaat untuk manusia. Selain bisa berkontribusi untuk melindungi alam, kamu juga bisa berhemat dalam pengeluaran. Yuk, cabut steker dan hemat listrikmu mulai dari sekarang!

Cabut steker dan hemat energi listrik! Selain bisa mengurangi dampak untuk pemanasan global di masa depan, hemat energi listrik juga bisa kurangi pengeluaran bulanan. Perlu Anda ketahui juga, pemerintah juga tengah mengupayakan energi terbaru agar kita tidak lagi ketergantungan dengan energi fosil, seperti minyak, batu bara dan gas.

Nah, jika diperhatikan secara keseluruhan, kita begitu bergantung pada listrik yang dihasilkan oleh pembangkit di Indonesia yang rata-rata berbahan bakar batu bara. Oleh karena itu, semakin boros penggunaan listrik, maka stok batu bara di negeri ini jadi semakin cepat habis. 

Sebenarnya begitu banyak cara menghemat listrik yang telah diketahui oleh orang-orang. Hanya saja, kesadaran dari diri kita masing-masing masih terbilang minim dan perlu diingatkan terus-menerus. Pada artikel ini, Orento akan memberikan teguran sekaligus penjelasan dari kebiasaan lupa cabut steker. 

Baca juga: AC Sehat Listrik Hemat

Baca juga: Hemat Listrik dengan Menghitung Kebutuhan PK AC

Salah satu hal kecil yang begitu sering kita lakukan adalah ‘tidak mencabut steker dari stop kontak’, dan kenyataannya steker listrik yang terus tersambung ke stop kontak, dapat berisiko merusak peralatan elektronik dan mengonsumsi aliran listrik secara terus-menerus.

Sebagai Gambaran
Kabel laptop yang terpasang pada stop kontak, bisa mengonsumsi 50 watt per jam dan kabel komputer bisa memakan listrik sekitar 20 watt per jam.

Lalu charger handphone yang sering dibiarkan tersambung ke stop kontak, ternyata memakan kurang lebih 1 watt per jam. Begitu juga dengan kabel televisi yang bisa menghabiskan listrik hingga 15 watt per jam.

Selain itu, peralatan elektronik lainnya yang dalam posisi stand by, misalnya mesin cuci, perangkat audio atau kulkas, bisa memakan listrik hingga 80% dari daya ketika hidup.

Nah, yang paling sering ditemukan adalah charger handphone, berdasarkan penjelasan dari Direktur Utama PT Energy Management Indonesia (EMI), Aris Yunanto yang dilansir dari detikcom, charger itu isinya adalah kumparan. Jadi, selama terpasang, maka akan aliran listrik akan terus berputar dan jika tidak tersambung dengan handphone, ada sekitar 30% listrik yang mengalir dari daya normalnya. Jadi, misalkan colokannya 5 ampere, maka akan ada 2 ampere yang terus terpakai.

Selain mencabut steker, kamu bisa menggunakan AC seperlunya, gunakan elektronik hemat energi dan gunakan sistem pulsa untuk memantau pengeluaran listrik.

Cabut steker bisa jadi solusi tepat untuk mengendalikan pengeluaran listrik tiap bulan. Lalu bagaimana jika Anda memiliki bisnis properti tapi belum juga mendapatkan penyewa? Jawaban dari itu, bisa ditemukan di Orento

So, tips ini bisa kamu terapkan dan rasakan hematnya di tiap bulan. Suka dengan tips yang kami berikan? Dan ingin mendapatkan tips yang lainnya? Kamu bisa temukan semuanya di blog.orento.id

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved