sunset
Orento Info - 6 April 2020

6 Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami. Rumah Dijamin Bersih!

Cara mengusir semut dengan bahan alami. Murah dan dijamin efektif!

Rumah selalu dijarah semut. Siapa yang tak kesal? Meski sudah dibersihkan berkali-kali, tetap saja si serangga kecil ini akan kembali membangun sarang dengan koloninya yang berjumlah ribuan.

Nah, jika Anda yang punya masalah serupa, tak usah khawatir. Berikut ada beberapa cara mengusir semut dengan bahan-bahan alami yang bisa dicoba.

  1. Maizena

6 Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami. Rumah Dijamin Bersih!Sumber : Tokowahab

Maizena alias tepung jagung adalah bahan makanan yang aman bagi manusia, tapi bisa jadi racun yang mematikan untuk semut. Maizena tidak dapat dicerna dengan baik oleh semut. 

Jika termakan, tepung ini akan mengembang di perut semut dan menyebabkan kematian. Caranya cukup dengan menaburkan maizena di area yang menjadi sarang semut. 

   2. Bubuk Kopi

6 Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami. Rumah Dijamin Bersih!Sumber : Trubus

Harumnya kopi ternyata justru tidak disukai semut, lho. Anda bisa menaburkan bubuk kopi hitam tanpa gula di tempat semut berkerumun. 

Cara mengusir semut yang satu ini ternyata juga bisa diterapkan pada tanaman. Cukup bubuhkan kopi di sekitar tanaman kesayangan Anda. Dijamin semut tak akan datang lagi.

   3. Cengkeh

6 Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami. Rumah Dijamin Bersih!Sumber : Grid

Cengkeh tak cuma sedap dijadikan campuran bahan masakan, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi semut. Sama seperti kopi, aroma cengkeh yang harum ternyata juga tidak disukai semut. Caranya, letakkan beberapa buah cengkeh di sudut-sudut rumah yang banyak semutnya.

   4. Lemon dan Cuka

6 Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami. Rumah Dijamin Bersih!Sumber : Aura

Rasa asam pada buah lemon dan cuka merupakan hal yang dibenci semut. Caranya mudah, kok. Cukup campurkan air bersih dengan cuka atau perasan buah lemon, lalu semprotkan ke arah semut bersembunyi atau membangun sarang, misalnya di sudut pintu atau kusen jendela. Ulangi sampai semut benar-benar mati.

   5. Kayu Manis

6 Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami. Rumah Dijamin Bersih!Sumber : Liputan 6

Semut memang suka dengan makanan yang manis-manis, tapi tidak dengan bumbu dapur yang satu ini. Meski mengeluarkan aroma manis yang sedap, ternyata kayu manis tidak disukai semut, lho. Anda bisa memanfaatkan bubuk kayu manis yang banyak dijual di toko untuk mengusir semut-semut bandel di rumah.

   6. Mentimun

6 Cara Mengusir Semut dengan Bahan Alami. Rumah Dijamin Bersih!Sumber : Nusantara News

Punya mentimun yang sudah layu di rumah? Jangan dulu dibuang. Aroma mentimun sangat dibenci semut dan bisa berubah menjadi racun bagi jenis jamur tertentu yang mereka makan.

Itu dia cara mengusir semut menggunakan bahan alami. Selain murah, tips di atas juga dijamin efektif. Yang paling penting, tetap jaga kebersihan rumah, ya. Perhatikan cara penyimpanan makanan dan pastikan tidak ada sampah bercecer yang bisa mengundang semut dan serangga lainnya.

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved