sunset
Info - 18 Maret 2020

Mau Bawa Peliharaan ke Apartemen? Pertimbangkan Dulu Hal Berikut

Jangan asal bawa peliharaan ke apartemen! Pastikan dulu hal-hal berikut demi kenyamanan bersama.

Punya rencana untuk bawa peliharaan ke apartemen? Tunggu dulu. Pastikan kalau apartemen Anda benar-benar pet-friendly, sebab umumnya pengelola melarang penghuni unit membawa hewan karena alasan tertentu. 

Nah, demi kenyamanan bersama, ini beberapa hal yang mesti dipertimbangkan sebelum membawa masuk anjing/kucing kesayangan Anda.

   1. Buat Perjanjian Tertulis

Mau Bawa Peliharaan ke Apartemen? Pertimbangkan Dulu Hal BerikutSumber : elawpkt

Secara hukum, memelihara hewan di apartemen memang diperbolehkan, tetapi aturan ini kembali ke masing-masing pengelola. Untuk menghindari masalah di kemudian hari, buatlah perjanjian tertulis mengenai ini.

Selain membicarakan soal hak dan kewajiban kedua belah pihak, pastikan nama hewan peliharaan, ras, dan ukurannya dicantumkan di surat perjanjian, sehingga jika sewaktu-waktu timbul perselisihan atau masalah bisa lebih mudah diselesaikan.

    2. Biaya Tambahan

Mau Bawa Peliharaan ke Apartemen? Pertimbangkan Dulu Hal BerikutSumber : Lester and lester

Apartemen yang pet-friendly biasanya menetapkan biaya tambahan berupa security deposit kepada penghuni yang membawa peliharaan. Besaran biaya ini juga ditentukan oleh berat anjing atau kucing. Beberapa apartemen juga tidak memperbolehkan anjing dari ras tertentu.

Perlu diingat bahwa biaya tambahan ini berlaku untuk satu peliharaan. Jika Anda membawa anjing atau kucing lebih dari satu, makin besar pula dana yang harus disiapkan. Pastikan hal ini tidak mengganggu keuangan Anda, ya.

   3. Kenyamanan Penghuni Lain

Ingat, tidak semua orang menyukai binatang. Anda juga perlu mempertimbangkan kenyamanan penghuni lain sebelum membawa peliharaan ke apartemen. Selain suara bising, faktor kebersihan juga penting diperhatikan. Sadari bahwa peliharaan Anda mungkin dapat memicu alergi dan gangguan kesehatan bagi tetangga unit.

   4. Ukuran Hewan

Sebaiknya jangan membawa hewan peliharaan yang ukurannya terlalu besar. Selain menyulitkan Anda dalam perawatannya, hewan berbadan besar juga cenderung lebih sulit beradaptasi di apartemen, terutama jika unit Anda tidak cukup luas.

   5. Luas Apartemen

Mau Bawa Peliharaan ke Apartemen? Pertimbangkan Dulu Hal BerikutSumber : Grid

Jangan memaksakan diri bawa peliharaan ke apartemen jika unit yang Anda huni sempit, sebab ini akan membatasi gerak dan aktivitas mereka di dalam ruangan. Memilih apartemen di lantai bawah juga akan memudahkan Anda dalam merawat hewan peliharaan, misalnya untuk buang air atau berolahraga setiap pagi.

    5. Pastikan Kebutuhan Hewan Tercukupi

Mau Bawa Peliharaan ke Apartemen? Pertimbangkan Dulu Hal BerikutSumber : Ideaksi

Membawa peliharaan ke apartemen artinya Anda juga harus komitmen mencukupi kebutuhannya, mulai dari makan, minum, sampai kebersihannya. Jika Anda sibuk dan banyak menghabiskan waktu di tempat kerja, pastikan ada yang bertanggung jawab menggantikan peran Anda merawat si peliharaan.

Jika poin-poin di atas sudah terpenuhi, artinya Anda sudah siap membawa hewan peliharaan ke apartemen. Atau jika Anda masih mencari sewa apartemen bulanan di sekitar Jakarta? Di Orento ada banyak pilihan unit yang aman, nyaman, dan beberapa tentunya pet-friendly.

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved