sunset
Info - 16 Maret 2020

5 Tips Anak Kost yang Harus Disiapkan Sebelum Anda Merantau

Sebelum Anda menjadi anak kost di perantauan, sejumlah persiapan harus dilakukan. Simak tips anak kost di perantauan berikut ini!

Menetap di luar daerah asal untuk kuliah atau bekerja sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh sebagian orang, terutama mereka yang tidak tinggal di kota-kota besar. Jika Anda termasuk orang yang memutuskan untuk merantau, sejumlah persiapan utama harus dilakukan jauh-jauh hari. Simak sejumlah persiapan dan tips anak kost di bawah ini sebelum Anda menjadi anak kost di daerah perantauan.  

  • Riset Lokasi Perantauan

5 Tips Anak Kost yang Harus Disiapkan Sebelum Anda Merantau

Sebelum hijrah ke lokasi perantauan, pastikan Anda telah mencari tahu informasi tentang daerah yang akan dituju. Informasi yang harus diketahui umumnya meliputi kondisi lingkungan sekitar, akses transportasi yang bisa digunakan, serta jarak dari lokasi tempat tinggal ke kampus atau kantor. Hal-hal tersebut harus diketahui lebih dulu agar Anda bisa mendapatkan gambaran tentang rutinitas yang nantinya dijalankan di daerah perantauan. 

  • Pilih Kost Sesuai Kebutuhan

5 Tips Anak Kost yang Harus Disiapkan Sebelum Anda Merantau

Yang tidak kalah penting dari riset lokasi adalah memilih tempat kost. Sebagai tempat tinggal di perantauan, kost yang Anda pilih perlu disesuaikan dengan bujet dan kebutuhan. Harga dan fasilitas kamar kost tentu harus masuk dalam poin pertimbangan. Pastikan Anda sudah memilih jenis tempat kost yang paling dibutuhkan, apakah itu kamar kost sederhana dengan harga sewa yang murah atau kost eksklusif dengan harga yang relatif lebih tinggi.

  • Siapkan Tabungan

5 Tips Anak Kost yang Harus Disiapkan Sebelum Anda Merantau

Sebelum Anda merantau, jangan lupakan tips anak kost untuk berhemat dan menyiapkan tabungan. Buatlah rekening tabungan jika Anda belum memilikinya. Tabungan yang disiapkan bisa Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari di daerah perantauan. Mulai dari membeli makan, menyiapkan perlengkapan kost yang dibutuhkan, hingga menutupi kebutuhan yang tidak terduga.

  • Siapkan Barang dan Perlengkapan Kost 

5 Tips Anak Kost yang Harus Disiapkan Sebelum Anda Merantau

Yang juga tidak boleh dilewatkan saat akan merantau adalah menyiapkan sejumlah barang dan perlengkapan kost. Kost eksklusif di kota-kota besar biasanya telah menyiapkan beberapa perlengkapan utama, seperti kasur, lemari baju, meja belajar, hingga rak buku atau rak sepatu. Oleh karena itu, Anda hanya tinggal membeli perlengkapan tambahan yang dianggap perlu.

Namun, jika menyewa kamar kost tanpa fasilitas tersebut, Anda harus menyiapkan perlengkapan sendiri dari jauh-jauh hari. Untuk menghindari proses pindahan yang merepotkan, Anda bisa membeli perlengkapan kost yang diperlukan saat sudah sampai di daerah perantauan.

  • Siapkan Mental

5 Tips Anak Kost yang Harus Disiapkan Sebelum Anda Merantau

Terakhir tapi tidak kalah penting, Anda juga harus menyiapkan mental, tekad, dan keberanian untuk tinggal di daerah perantauan. Tidak sedikit anak rantau yang merasa homesick dan ingin kembali ke kampung halaman selama masa-masa awal perantauan. Untuk itu, persiapan mental penting dilakukan agar hal tersebut tidak Anda alami. Dengan mental dan tekad yang kuat, tujuan merantau yang diinginkan pun bisa dicapai tanpa perasaan resah atau ragu-ragu.

Itulah beberapa persiapan dan tips anak kost yang bisa Anda jadikan panduan sebelum pindah ke daerah perantauan. Agar persiapan merantau lebih cepat dan mudah, Anda bisa memanfaatkan platform sewa kost Orento untuk memilih kamar kost terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Prosedur sewa yang praktis serta beragam fitur yang memudahkan proses sewa-menyewa akan membuat Anda semakin siap untuk memulai rutinitas baru sebagai anak rantau.

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved