sunset
Info - 3 Maret 2020

Menyimpan Makanan agar Awet Tanpa Kulkas

Tips menyimpan bahan makanan agar tahan lama tanpa kulkas. Anak kost wajib tahu!

Dalam rangka menghemat waktu dan pengeluaran, anak kost biasanya belanja bahan makanan langsung dalam jumlah banyak. Sayangnya, beberapa bahan makanan seperti daging dan sayur tidak tahan lama kalau tak disimpan di dalam kulkas.

Masalahnya, bagaimana kalau di kost tidak ada fasilitas lemari pendingin? Jangan khawatir, berikut kiat menyimpan bahan makanan agar awet tanpa kulkas.

   1. Letakkan di Udara Terbuka

Menyimpan Makanan agar Awet Tanpa KulkasSumber : Suara Islam

Tips anak kost yang pertama ini berlaku untuk menyimpan sayuran atau buah-buahan. Segera keluarkan sayuran atau buah dari kantong plastik dan letakkan di tempat yang bersih. Membiarkan sayuran tersimpan rapat di dalam kantong plastik akan membuatnya berkeringat dan cepat busuk.

   2. Jangan Mencuci Sayuran

Menyimpan Makanan agar Awet Tanpa KulkasSumber : Grid

Ingat, beberapa jenis sayuran justru akan menguning dan busuk setelah dicuci (terutama yang jenisnya daun-daunan). Agar lebih tahan lama, cucilah sayuran hanya ketika kamu akan memasak atau mengonsumsinya. 

Sayuran yang berasal dari umbi seperti wortel, kentang, dan bawang lebih baik dibungkus dengan kantong kertas, lalu diletakkan di tempat yang kering dan gelap. 

   3. Letakkan Telur di Tempat Terbuka

Menyimpan Makanan agar Awet Tanpa KulkasSumber : Grid

Buat anak kost yang suka menstok telur, pastikan kamu menyimpannya di tempat yang kering dan terbuka. Jangan menyimpan telur di dalam kantong plastik yang rapat karena hawa panasnya akan merusak kualitas telur. 

   4. Simpan Beras di Wadah Tertutup

Menyimpan Makanan agar Awet Tanpa KulkasSumber : Tupperware

Bahan makanan pokok seperti beras, gandum, sereal, atau biji-bijian lain sebaiknya disimpan di wadah tertutup yang kedap udara. Tujuannya agar tidak dijarah semut atau lalat yang bisa menyebabkan munculnya belatung.

   5. Jauhkan dari Kompor

Menyimpan Makanan agar Awet Tanpa KulkasSumber : Hock

Sayuran dan buah-buahan akan lebih cepat matang dan busuk jika terkontaminasi hawa panas. Jadi jangan menyimpan bahan makanan di dekat kompor agar kualitasnya tetap bagus dalam waktu lama.

   6. Diungkep

Menyimpan Makanan agar Awet Tanpa KulkasSumber : Suara

Daging adalah jenis bahan makanan yang paling cepat busuk ketika sudah terkontaminasi bakteri di udara. Agar daging ayam sedikit lebih awet, cobalah merebus atau mengungkepnya, kemudian simpan di wadah tertutup. Cara ini akan membuat daging lebih tahan lama dibandingkan yang tidak dimasak sebelumnya.

Itu dia cara mudah menyimpan bahan makanan tanpa kulkas. Semoga tips di atas berguna ya. Nah, buat kamu yang kepikiran pindah kost dalam waktu dekat, coba gunakan aplikasi anak kost Orento untuk mendapatkan referensi hunian yang lebih aman, nyaman, dan tentunya berfasilitas lengkap.



Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved