sunset
Info - 30 Oktober 2019

Benarkah Menawarkan Sewa Apartemen Bulanan Lebih Menguntungkan?

Sebelum menyewakan apartemen di Orento, ada beberapa hal yang bisa jadi pertimbangan ketika mau menawarkan sewa apartemen bulanan.

Memiliki properti yang menghasilkan memang lebih menguntungkan dibandingkan dengan memiliki aset yang hanya menimbulkan biaya. Jika Anda termasuk yang beruntung memiliki lebih dari satu properti yang berbentuk rumah atau apartemen, menyewakannya adalah langkah yang tepat.

Untuk melakukannya, Anda bisa memanfaatkan Orento sebagai partner Anda dalam menawarkan sewa apartemen bulanan atau tahunan. Di sana, Anda dapat dengan mudah mendaftarkan properti untuk disewakan, mendapatkan penyewa, dan melakukan perjanjian sewa menyewa dengan aman. 

Mengenai durasi, beberapa pemilik apartemen punya alasan tersendiri dalam menentukan durasi sewa harian, mingguan, bulanan, atau tahunan. Nah, mana yang lebih baik bagi Anda? Benarkah menyewakannya secara bulanan mendatangkan lebih banyak keuntungan? Untuk itu, mari simak beberapa ulasan berikut.

Pendapatan Lebih Besar

Benarkah Menawarkan Sewa Apartemen Bulanan Lebih Menguntungkan?streeteasy.com

Jika dibandingkan dengan sewa apartemen tahunan, pendapatan yang akan Anda dapatkan dari sewa apartemen bulanan memang lebih besar. Sebagai perbandingan, harga sewa apartemen di Jakarta dengan tipe studio saat ini berkisar di angka Rp4.000.000 per bulan. 

Sementara itu, harga bisa berada di angka Rp34.000.000 per tahun kalau kontrak dilakukan secara tahunan. Bandingkan dengan hitungan Rp4.000.000 per bulan dikalikan 12 bulan selama setahun, jumlahnya yang terakumulasi bisa mencapai Rp48.000.000. 

Selain itu, menurut survei properti komersial yang dilakukan oleh Bank Indonesia pada triwulan I tahun 2007, harga sewa apartemen bulanan di Jakarta pun rata-rata meningkat sebesar 3,50% dibandingkan periode sebelumnya. 

Minim Risiko Dibandingkan Sewa Harian dan Mingguan

Benarkah Menawarkan Sewa Apartemen Bulanan Lebih Menguntungkan?reliablewater247.com

Di sisi lain, menyewakan apartemen secara bulanan juga memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan sistem sewa harian dan mingguan. Pertama, risiko barang rusak dan hilang menjadi lebih kecil karena penyewa bulanan cenderung menghargai dan mau merawat unit. 

Kedua, beberapa penyewa juga mau menyewa apartemen dalam jangka waktu tiga hingga enam bulan dengan harga bulanan yang Anda tawarkan. Selama durasi penyewaan tersebut, Anda tidak perlu khawatir mengenai perawatan serta kebersihan apartemen. Hal ini tentu berbeda dengan penyewaan apartemen harian yang harus dibersihkan dan dipantau setiap hari. 

Anda Masih Bisa Menggunakan Apartemen

Benarkah Menawarkan Sewa Apartemen Bulanan Lebih Menguntungkan?expedia.com

Jika bisnis properti di bidang sewa menyewa apartemen bukanlah bisnis utama Anda, tentu sesekali Anda mungkin membutuhkan apartemen untuk keperluan pribadi. Misalnya saja sedang ada kerabat yang berkunjung dari luar kota, atau Anda ingin berganti suasana sejenak. 

Dengan menyewakannya secara bulanan, Anda masih bisa menggunakan apartemen sesuai keinginan saat unit sedang tidak disewa. Kalau disewakan secara tahunan, Anda tidak memiliki hak untuk menempati apartemen hingga masa kontrak sewa berakhir. 

Setiap durasi penyewaan apartemen memang memiliki keuntungan dan risikonya sendiri. Untuk menentukannya, Anda perlu mempertimbangkan kebutuhan pribadi Anda. Yang terpenting, segala hal yang berkaitan dengan harga, durasi, peraturan, serta hak dan kewajiban harus dituangkan dalam bentuk perjanjian sewa menyewa

Dengan begitu, penyewaan apartemen tidak akan menimbulkan kerugian bagi pihak penyewa dan pemilik.  Bagaimana, siap menentukan masa sewa yang terbaik untuk properti Anda? Untuk mendapatkan informasi lain seputar penyewaan apartemen, coba kunjungi blog Orento dan mulai bisnis properti Anda sekarang juga. 

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved