sunset
Info - 5 September 2019

Pasangan Muda, Periksa 3 Hal Ini dalam Perjanjian Kontrak Rumah

Mencari rumah sewaan di Orento untuk menempuh hidup baru? Pelajari isi tiga poin penting dalam perjanjian kontrak rumah sebelum memilih hunian.

Menyewa rumah adalah salah satu pilihan populer untuk pasangan muda. Namun ketika menemukan properti yang cocok, jangan buru-buru menyewanya! Menekuni isi perjanjian kontrak rumah sangat penting untuk memahami hak dan kewajiban Anda sebagai penyewa. Memahami isi kontrak juga akan membantu jika Anda dan pemilik properti mengalami konflik.

Ada banyak poin yang harus dipelajari dalam kontrak sewa. Akan tetapi, ada tiga poin utama untuk Anda jadikan prioritas sebelum mempelajari aspek lainnya. Berikut penjelasannya.

Rincian Biaya dan Deposit

Pasangan Muda, Periksa 3 Hal Ini dalam Perjanjian Kontrak Rumah

fraud.org

Sebagian besar pemilik properti sewaan mewajibkan calon penyewa untuk membayar deposit dalam jumlah tertentu. Jika Anda berburu properti sewaan lewat situs Orento.id, Anda bisa melihat aturan deposit yang diterapkan pemilik rumah sewa. Jumlah deposit sesuai dengan kebijakan pemilik properti, tetapi biasanya minimal sebesar satu bulan sewa.

Rincian lain yang harus Anda periksa adalah kebijakan terkait pengembalian deposit. Hal ini penting jika Anda mendadak harus pindah sebelum kontrak sewa berakhir. Perhatikan persyaratan pengembalian deposit, berapa jumlah yang akan dikembalikan, dan hal apa yang membuat Anda tidak bisa menerima kembali uang deposit ketika pindah sebelum kontrak berakhir.

Kesepakatan Soal Perawatan Rumah

Pasangan Muda, Periksa 3 Hal Ini dalam Perjanjian Kontrak Rumah

cpmonline.co.uk

Pasangan muda mungkin ingin mengubah desain interior dan perabot di hunian pertama. Akan tetapi, jika menyewa rumah, perhatikan klausul terkait kebersihan serta perubahan pada desain dan arsitektur rumah. Beberapa pemilik properti bersikap cukup longgar terkait desain asal Anda tidak mengubah arsitektur dan fondasi. Pemilik lainnya cukup ketat bahkan dalam soal perbaikan atau penggantian mebel sederhana.

Aturan ini bisa lebih ketat jika Anda menyewa apartemen. Peraturan apartemen yang ketat biasanya menuntut penyewa untuk menjaga kondisi properti agar tetap sama seperti saat mereka mulai tinggal di dalamnya. Anda bahkan harus berpikir ulang bahkan sebelum menancapkan sebutir paku di dinding.

Informasi Jika Pindah Sewa sebelum Waktunya

Pasangan Muda, Periksa 3 Hal Ini dalam Perjanjian Kontrak Rumah

bossrevolution.co.uk

Perjanjian sewa menyewa biasanya menuntut Anda untuk tinggal sampai jangka waktu tertentu sebelum bisa pindah. Akan tetapi, bagaimana jika Anda dan pasangan harus pindah sebelum waktu kontrak habis? Pastikan mengetahui persyaratan untuk pindah sebelum waktunya. Pemilik properti biasanya meminta penyewa memberi tahu dalam jangka waktu tertentu sebelum pindah, biasanya sekitar 30 hingga 60 hari.

Pemilik properti mungkin juga menerapkan sanksi berupa denda atau penolakan pengembalian deposit bagi penyewa yang pergi sebelum waktunya. Pastikan Anda memahami detail sanksi ini (jika ada), dan jangan ragu bertanya untuk memastikan.

Menyewa rumah adalah langkah pertama untuk mendapat hunian bagi para pasangan muda. Akan tetapi, pastikan meneliti isi perjanjian kontrak rumah agar tidak terlibat masalah di kemudian hari.

Suka dengan artikel ini? Baca artikel spesial lainnya dari Orento hanya di blog.orento.id

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved