sunset
Host - 21 Agustus 2019

Bisnis Sewa Kost Semakin Populer, Ini Cara Membidik Target Pasar yang Tepat

Ketika bisnis sewa kost lewat aplikasi seperti Orento semakin populer, Anda perlu tahu cara membidik target pasar yang tepat. Simak penjelasannya.

Bisnis properti tanpa modal seperti sewa kost tengah naik daun lho. Ya, bisnis kost identik dengan keharusan punya modal besar untuk membangun rumah kost. Namun, bagi Anda yang bermodal minim atau tidak punya modal pun tetap bisa merintis usaha berprospek cerah ini. 

Cara paling mudah adalah dengan menjadi agen makelar properti. Misalnya, Anda tahu ada usaha kost-kostan milik kerabat yang belum terisi penuh. Usut punya usut, pemilik belum melakukan promosi maksimal. Baru sebatas memasang plang “Terima Kost” atau menyebar pamflet di sekitar rumah. 

Nah, Anda bisa menawarkan diri membantu pemasaran usaha kost tersebut. Cara termudah tentu saja dengan memasukkan usaha kost tersebut ke dalam listing situs properti online seperti Orento. Dengan memasang iklan gratis di Orento, usaha kost-kostan yang Anda promosikan bisa menjangkau pasar lebih luas. 

Lebih lanjut, begini cara membidik target pasar yang tepat untuk bisnis sewa kost

Kenali Lokasi Kost Milik Anda

Bisnis Sewa Kost Semakin Populer, Ini Cara Membidik Target Pasar yang Tepat

Sumber : Pro-rahasia

Lokasi bangunan kost berpengaruh pada target pasar yang dibidik. Misalnya, rumah tinggal Anda berada dekat kampus. Maka, besar kemungkinan bahwa mahasiswa akan menjadi penyewa terbanyak kost Anda. Namun, hal tersebut tidak berlaku mutlak. 

Seperti dilansir dari Medan Bisnis Daily, seorang pengusaha kost dekat kampus Univeritas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menuturkan kini lebih banyak karyawan yang menyewa di sana. Hal ini tak lepas dari perkembangan tren kost eksklusif dengan tarif premium yang menyasar konsumen kelas menengah ke atas. Artinya, target pasar kost bukan lagi mahasiswa semata, tetapi juga kalangan pekerja kantoran. 

Teliti lagi fasilitas yang ditawarkan

Bisnis Sewa Kost Semakin Populer, Ini Cara Membidik Target Pasar yang Tepat

Sumber : IDN Times

Fasilitas apa yang hendak Anda tawarkan pada penyewa? Semakin banyak fasilitas yang disediakan, tentu semakin tinggi pula harga sewa kost. Ini berarti Anda menyasar pada segmen kelas menengah ke atas. Sementara, jika Anda hanya menyediakan fasilitas standar, tarif sewa pun bisa menyesuaikan. 

Namun, jangan paksakan diri Anda untuk memberi fasilitas di luar kemampuan atau modal yang ada. Hal terpenting adalah bagaimana bisnis ini bisa berjalan dulu, sambil mengumpulkan modal untuk membangun kost yang lebih besar dan lengkap.

Perhatikan Durasi Sewa Kamar Kost

Bisnis Sewa Kost Semakin Populer, Ini Cara Membidik Target Pasar yang Tepat

Sumber : yukbisniskost

Lamanya masa sewa juga membantu Anda dalam menentukan siapa pasar tepat untuk bisnis kost. Durasi sewa harian dan mingguan membuat kost Anda dicari para backpacker yang ingin liburan hemat. Plus, orang tua mahasiswa yang sedang mengunjungi anaknya. Sementara itu, sewa bulanan dan tahunan cukup fleksibel untuk Anda tawarkan pada mahasiswa maupun pekerja kantoran

Usai mengetahui siapa target pasar yang tepat, dongkrak pemasaran usaha kost dengan memasang iklan gratis melalui Orento. Bahkan, Anda tidak perlu repot membuka platform sewa menyewa properti ini dari laptop. Cukup dengan mengunduh aplikasi Orento langsung ke smartphone Anda. 

Dalam beberapa langkah saja, informasi kost bisa segera tersebar di internet. Anda tinggal menanti calon penyewa dan melakukan seluruh proses sewa menyewa lewat aplikasi Orento. Jelas bahwa aplikasi ini memuluskan jalan Anda merintis bisnis properti tanpa modal. Berani mencoba?

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved