sunset
Info - 5 Agustus 2019

Listrik Padam, Anak Kost Bisa Lakukan Ini Agar Aman dan Nyaman

Listrik padam berjam-jam, bagaimana nasib anak kost ya? Pasti ada yang bosan, panik atau bahkan jengkel ya. Nah, agar anak kost tetap merasa aman dan nyaman, yuk disimak tips dari Orento!

Minggu, (4/8) siang kemarin, pada pukul 11.50 WIB, listrik padam di area JABODETABEK secara serentak dikarenakan sistem di SUTET Ungaran- Pemalang black out, dan membuat aliran listrik di dua sirkuit tersebut turun drastis dan memengaruhi sirkuit Depok-Tasikmalaya. Listrik padam hampir kurang lebih 10 jam dan jaringan telepon selular pun ikut terganggu. 

Masyarakat modern memang sangat ketergantungan dengan listrik. Akibat listrik padam, banyak aktivitas yang terhenti, transportasi umum terganggu, pertokoan tutup hingga lampu lalu lintas yang mati dan sangat membahayakan pengendara. Namun, PLN terus mengupayakan perbaikan sistem agar listrik kembali normal. 

Lalu, bagaimana nasib anak kost yang tinggal jauh dari keluarga, dan harus melewati momen listrik padam berjam-jam sendirian? Jangan khawatir, Orento akan memberikan tips yang harus dilakukan anak kost-an, ketika listrik padam. Yuk disimak!

Nyalakan penerangan darurat

Listrik Padam, Anak Kost Bisa Lakukan Ini Agar Tetap Aman

Unsplash

Wajib hukumnya anak kost untuk menyimpan senter, lampu darurat atau lilin di kamar kost. Jadi, ketika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba, tidak perlu panik dan segera nyalakan penerangan. Ketika kamu menyalakan lilin, pastikan penempatan lilin jauh dari benda-benda yang mudah terbakar ya!

Berkomunikasi dengan teman kost

Listrik Padam, Anak Kost Bisa Lakukan Ini Agar Tetap Aman

Unsplash

Jika listrik padam berjam-jam dan kamu bosan berada di dalam kamar, jangan malu untuk keluar kamar dan bergabung dengan teman kost/ warga sekitar lingkungan. Selain bisa ngobrol untuk membunuh sepi, kamu jadi dapat teman baru kan! 

Hemat baterai handphone

Listrik Padam, Anak Kost Bisa Lakukan Ini Agar Tetap Aman

Unsplash

Ketika listrik padam, jangan terlalu berlebihan untuk menggunakan telepon selular. Gunakan handphone untuk mencari informasi/ berita terbaru mengenai pemadaman dan keperluan penting lainnya seperti menghubungi keluarga. Setelah mendapatkan informasi, kamu bisa menyalakan mode flight untuk menghemat baterai. 

Mendekatkan diri kepada sang pencipta

Listrik Padam, Anak Kost Bisa Lakukan Ini Agar Tetap Aman

Unsplash

Ketika malam sudah semakin larut, listrik belum juga menyala, dan tetangga kamar kost sudah mulai beristirahat di kamarnya. Tetapi kamu belum juga mengantuk, karena gerah atau gelisah. Hmm, kalau kamu merasakan momen seperti itu, saatnya kamu mendekatkan diri kepada Tuhan YME. Kamu bisa berdoa dengan tenang dan memohon perlindungan kepada sang pencipta. 

Empat tips di atas dapat kamu lakukan agar tetap aman dan tenang ketika listrik padam. Jangan cepat panik dan selalu pikirkan hal positif agar kamu selalu merasa nyaman dalam keadaan apapun. 

Bagaimana tips dari Orento? Suka dengan artikel ini dan ingin membaca artikel lainnya? Kunjungi blog.orento.id untuk membaca tips lainnya!

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved