sunset
Info - 26 Juni 2019

Antisipasi Listrik Padam di Apartemen, 5 Cara Ini Bisa Membantu 

Setelah menyewa hunian lewat Orento, risiko listrik padam selalu ada, termasuk di apartemen. Antisipasi hal tersebut dengan 5 cara ini.

Tinggal di hunian mana pun, risiko listrik padam selalu ada. Lebih mengesalkan jika Anda sewa apartemen bulanan lalu listrik mati tanpa pemberitahuan. Rentetan kecemasan langsung muncul dalam diri Anda, mulai dari takut gelap, kepanasan, hingga tidak bisa memakai lift.

Tentu Anda berharap pengelola apartemen punya sumber listrik cadangan guna menghadapi hal tersebut. Meski begitu, Anda tetap perlu siaga menghadapi risiko tersebut sewaktu-waktu. Untuk mengurangi rasa khawatir, antisipasi listrik padam di apartemen dengan melakukan 5 cara berikut ini.

Menyiapkan Lampu Darurat dan Senter di Tempat Terjangkau

Antisipasi Listrik Padam di Apartemen,   5 Cara Ini Bisa Membantu 

Sumber : ruparupa

Sebuah hunian harus mempunyai lampu darurat dan senter. Biasakan untuk mengisi daya lampu darurat sebagai persiapan jika listrik mati. Begitu juga dengan senter, pastikan sudah terisi baterai dan berfungsi baik. Lalu, letakkan keduanya di tempat terjangkau. 

Misalnya, lampu darurat bisa Anda taruh di meja dapur atau taruh senter di laci meja sebelah tempat tidur. Jadi, ketika lampu tiba-tiba padam, Anda tidak bingung mencari kedua alat tersebut.

Kenali Letak Circuit Breaker

Antisipasi Listrik Padam di Apartemen,   5 Cara Ini Bisa Membantu 

Sumber : Agoda

Sesaat usai pindah ke apartemen yang Anda sewa melalui Orento, lakukan tur kecil di seputar unit. Cari tahu letak beberapa bagian penting apartemen, seperti stop kontak, kabel jaringan televisi dan internet, saklar lampu, dan circuit breaker. 

Circuit breaker adalah bagian pertama yang harus Anda cek pertama kali ketika listrik padam. Siapa tahu ada korsleting kecil yang menyebabkan tuas di circuit breaker turun. Jika Anda tidak yakin itu penyebabnya, segera bertanya pada pengelola apartemen untuk memastikan.

Simpan Nomor Pengelola Apartemen

Antisipasi Listrik Padam di Apartemen,   5 Cara Ini Bisa Membantu 

Sumber : Wartakota

Simpan nomor pengelola apartemen di handphone agar bisa Anda hubungi sewaktu-waktu saat terjadi kondisi darurat.  Selain pengelola, simpan juga nomor pemilik apartemen. Anda juga bisa mengajukan keluhan apabila listrik padam berulang kali, sementara tetangga tidak mengalami hal tersebut. Bisa saja ada masalah pada instalasi listrik unit apartemen yang Anda sewa. Jadi, jangan ragu mengontak pengelola atau pemilik supaya mereka mengetahui kondisi terkini apartemennya.  

Ketahui Letak Tangga Darurat Terdekat

Antisipasi Listrik Padam di Apartemen,   5 Cara Ini Bisa Membantu 

Sumber : Kompas Properti

Tidak ada satu pun penghuni apartemen yang ingin turun lewat tangga darurat, terutama jika Anda tinggal di lantai 10 ke atas. Namun, Anda harus mengetahui letak tangga darurat terdekat dari unit yang ditempati. Jika terjadi situasi darurat dan lift tidak mungkin dipakai, maka jalur evakuasi paling aman adalah lewat tangga.  

Cari Informasi Lewat Tetangga

Antisipasi Listrik Padam di Apartemen,   5 Cara Ini Bisa Membantu 

Sumber : Suara

Saat memutuskan tinggal di apartemen, informasi dari tetangga bisa membantu Anda mengantisipasi listrik padam. Bisa saja Anda kelewatan informasi pemadaman bergilir, misalnya. Cari informasi pada tetangga, berapa lama perkiraan waktu pemadaman dan biasanya akan nyala jam berapa. Jika sudah punya informasi tambahan, tentu ini sedikit mengurangi kekhawatiran Anda.

Itulah 5 cara yang bisa membantu Anda dalam mengantisipasi listrik padam di apartemen. Jika Anda berencana pindah dan hendak sewa apartemen bulanan, coba download aplikasi Orento ke smartphone. Cukup memakai satu aplikasi saja, Anda bisa mencari dan menyewa properti pilihan, serta melakukan transaksi sewa secara aman sesuai bujet dan kebutuhan. Tertarik mencobanya?

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved