sunset
Hosting - 29 Mei 2019

Tips agar Kost Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Semua penghuni kost mudik Lebaran? Begini cara agar rumah kost tetap aman!

Meninggalkan kost saat libur Lebaran terkadang dapat mendatangkan kecemasan tersendiri. Pasalnya, lokasi yang biasanya dihuni banyak orang, kini menjadi sepi. Bahkan, tidak ada satu orang pun yang menjaganya. Lalu, bagaimana dengan keamanannya?

Nah, supaya kost tetap aman saat ditinggal mudik Lebaran, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Tutup Semua Jendela dan Gorden

Tips agar Kost Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Sumber : Nahimunkar.org

Jendela yang terbuka tidak hanya dapat menyebabkan polusi udara masuk, tetapi juga dapat mengancam keamanan. Terlebih jika tirainya tidak tertutup. Orang asing dapat melihat dan mengetahui isi rumah. Hal tersebut tentu dapat berbahaya.

Untuk itu, sebelum mudik Lebaran, sebaiknya kunci semua jendela, serta tutupi dengan gorden atau kain penutup. Dengan demikian, orang lain tidak akan bisa melihat isi rumah dan kamar-kamar kost sehingga dapat meminimalisasi risiko kejahatan.

Kunci Lemari, Pintu Kamar, dan Pagar

Tips agar Kost Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Sumber : IDNtimes.com

Hal lain yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan keamanan rumah kost adalah dengan mengunci lemari, pintu-pintu kamar, dan pagar. Jika perlu, Anda dapat memasang kunci ganda pada pintu utama dan pagar supaya tingkat keamanannya lebih tinggi.

Cabut Semua Aliran Listrik

Tips agar Kost Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Sumber : fimela.com

Korsleting listrik kerap terjadi tatkala penghuni sedang tidak berada di rumah. Untuk menghindari hal-hal buruk, seperti kebakaran akibat korsleting, ada baiknya Anda mencabut semua aliran listrik pada semua stopkontak yang ada di dalam rumah kost.

Cabut Selang dan Regulator dari Tabung Gas

Tips agar Kost Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Sumber : youtube.com

Kebocoran pipa tabung gas tentu sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kebakaran. Sebelum berangkat mudik, sebaiknya cabut dulu selang dan regulator dari tabung gas. Dengan begitu, tidak akan ada kebocoran karena gas tidak lagi mengalir melalui selang atau pipa.

Pasang CCTV

Tips agar Kost Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Sumber : nusabali.com

Pemasangan CCTV juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar kost tetap aman. Melalui CCTV, Anda dapat mengetahui aktivitas apa saja yang terjadi di sekitar dan di dalam rumah kost. Di samping itu, keberadaan CCTV juga bisa membuat orang lebih berhati-hati dalam berperilaku karena merasa diawasi.

Lapor kepada Tetangga dan Ketua RT

Tips agar Kost Aman saat Ditinggal Mudik Lebaran

Sumber : fimela.com

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menjaga keamanan rumah kost adalah dengan melapor kepada para tetangga dan ketua RT bahwa Anda akan mudik. Jika Anda memiliki hubungan yang baik dengan para tetangga, mereka tentu akan dengan senang hati membantu mengawasi rumah Anda.

Demikianlah beberapa tips penting yang bisa Anda lakukan agar kost aman saat ditinggal mudik Lebaran. Untuk mendapatkan info-info penting lain, khususnya yang berkaitan dengan tips mengembangkan kost-kostan agar semakin maju, silakan klik saja blog Orento. Sementara jika ingin mengiklankan kost-kostan secara gratis dan menemukan calon penyewa dengan mudah, kunjungi situs web Orento. Dengan Orento, kost semakin berkembang, para penyewa pun merasa nyaman.

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved