sunset
Info - 9 April 2019

Cara Memulai Bisnis Properti Kecil-Kecilan bagi Kamu yang Masih Kuliah

Siapa bilang anak kuliah tidak bisa menjadi pengusaha properti! Melalui Orento, kamu bisa memulai bisnis properti dengan menjadi co-host atau agen properti.

Meski sering dianggap bisnis yang membutuhkan modal besar, memulai bisnis properti dengan modal terbatas atau tanpa modal sama sekali ternyata bukan hal yang mustahil.  Bahkan, kamu yang masih kuliah juga bisa mencoba bisnis yang satu ini.

Tanpa perlu modal besar, asal memiliki tekad dan kemauan yang keras, maka bukan tidak mungkin kamu bisa menjadi pengusaha properti yang sukses. Lantas, bagaimana cara memulai bisnis properti yang bisa dilakukan oleh mahasisawa? Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Makelar Kost-Kostan

Cara Memulai Bisnis Properti Kecil-Kecilan bagi Kamu yang Masih Kuliah

hercampus.com

Salah satu bisnis properti yang cocok dilakukan mahasiswa adalah dengan menjadi makelar kost-kostan. Apalagi, sebagai mahasiswa yang cukup mengenal daerah sekitar kampus, pasti tidak menjadi hal yang sulit untuk mendapat informasi mengenai kost baru atau kost yang sedang kosong.

Untuk menjadi makelar kost, pertama kamu bisa mengumpulkan informasi mengenai kost-kostan yang sedang mencari penghuni, dari mulai tarif per bulannya, fasilitas yang disediakan, alamat, hingga akses lingkungan. Setelah itu, minta izin ke pemilik kost untuk mengambil gambar dan mengiklankan kostnya. Dari situ, kamu juga bisa melakukan negoisasi terkait komisi yang nanti akan kamu dapatkan jika kost yang diiklankan laku.

Kabar baiknya, mengiklankan kost-kostan sekarang juga bisa dilakukan dengan praktis dan mudah melalui platform sewa-menyewa properti seperti Orento. Dengan fitur co-host yang disediakan oleh Orento, kamu yang ingin belajar menjadi makelar kost bisa mengiklankan kost secara gratis di Orento, asalkan mendapat persetujuan dari pemilik.

  • Agen Properti Paruh Waktu

Selain menjadi makelar kost, cara memulai bisnis properti kecil-kecilan yang bisa dilakukan mahasiswa adalah dengan menjadi agen properti paruh waktu. Kamu bisa bergabung dengan perusahaan yang memperbolehkan bekerja paruh waktu atau bekerja secara independen dengan mencari informasi mengenai rumah, tanah, atau properti lainnya yang dijual di sekitar tempat tinggal.

Meski awalnya mungkin terasa susah, namun apabila mau terus belajar strategi marketing yang baik, bukan tidak mungkin kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

  • Homestay

Cara Memulai Bisnis Properti Kecil-Kecilan bagi Kamu yang Masih Kuliah

hsh-stay.com

Apabila ada kerabat yang memiliki rumah tidak terpakai di daerah strategis, membuka penyewaan homestay juga bisa menjadi salah satu lahan bisnis yang cukup menjanjikan. Untuk memulainya, pertama mintalah izin kepada kerabat untuk mengelola rumah tersebut menjadi homestay. Kemudian, buat iklan di Orento untuk mempromosikannya. Apabila homestay laku, kamu bisa membagi keuntungan dengan saudara selaku pemilik rumah.

Itulah beberapa cara memulai bisnis properti kecil-kecilan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. Selamat mencoba, ya!

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved