sunset
living - 15 Maret 2019

Musim Hujan: Yuk, Pasang Penangkal Petir Demi Keamanan Hunian

Musim hujan tiba! Demi keamanan hunian Anda, yuk ikuti saran memasang penangkal petir dari Orento berikut!

Salah satu fenomena alam yang cukup ditakuti saat musim hujan adalah petir. Listrik alami hasil gesekan antara awan dan udara ini memang berpotensi menyebabkan kerusakan pada benda-benda yang disambarnya, tak terkecuali bangunan.

Jika muatannya cukup besar, sambaran petir bisa berakibat fatal, mulai dari kerusakan alat elektronik, kebakaran, sampai jatuhnya korban jiwa. Nah, cara paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan memasang alat penangkal petir.

Alat ini bekerja dengan cara menangkap dan mengalirkan arus listrik (petir) ke dalam tanah (ground) atau permukaan bumi, sehingga tidak menyambar benda-benda di sekitarnya.

Kapan Penangkal Petir Diperlukan?

Musim Hujan: Yuk, Pasang Penangkal Petir Demi Keamanan Hunian

dekoruma.com

Tidak semua jenis bangunan perlu memakai penangkal petir. Berdasarkan hukum fisika, tingkat kebutuhan ini ditentukan oleh berbagai faktor, yakni jenis dan konstruksi bangunan, tinggi bangunan, kapasitas, situasi gedung, sampai indeks pengaruh kilat.

Ya, makin tinggi suatu bangunan, makin rawan petir menyambar. Singkatnya, penangkal petir diperlukan untuk rumah atau bangunan berlantai 3/lebih, atau yang dihuni banyak orang. Artinya, Anda yang menjalankan bisnis sewa kost juga perlu memasang alat keamanan ini mengingat banyaknya jumlah penghuni yang tinggal di dalamnya.

Jenis-Jenis Penangkal Petir

Musim Hujan: Yuk, Pasang Penangkal Petir Demi Keamanan Hunian

sinyalindo.net

Penangkal petir sendiri dibedakan menjadi 2 macam berdasarkan pemasangan dan jangkauan perlindungannya, yakni konvensional dan elektrostatis.

  • Penangkal Petir Konvensional

Penangkal petir konvensional merupakan jenis yang paling banyak dipakai. Selain harganya murah sekitar Rp1.000.000 – Rp3.000.000, bentuknya juga sederhana dan mudah diinstal tanpa bantuan ahli. Penangkal petir tipe ini cocok dipasang pada bangunan yang tidak terlalu luas, seperti rumah tinggal, kost, atau ruko.

  • Penangkal Petir Elektrostatis

Dibandingkan dengan yang konvensional, penangkal petir elektrostatis mempunyai jangkauan perlindungan yang lebih luas. Makin tinggi pemasangannya, makin luas pula area yang dilindungi. Harganya pun cukup mahal tergantung tipe, merek, dan radius yang dijangkau; dari jutaan sampai puluhan juta rupiah.

Jenis ini banyak dipakai di gedung pencakar langit, gedung perkantoran, apartemen, dan lahan terbuka seperti lapangan golf atau area pertambangan. Untuk memasangnya diperlukan bantuan ahli instalasi penangkal petir.

Nah, jika Anda adalah pemilik bisnis properti dengan tipe hunian yang tinggi atau berkapasitas banyak, misalnya kost, jangan lupa memasang alat penangkal petir demi keamanan dan kenyamanan selama musim hujan.

Untuk urusan promosi, percayakan saja pada platform online seperti Orento. Dengan skema transaksi yang cerdas, cepat, dan profesional, Anda bisa lebih mudah menjangkau penyewa dari berbagai wilayah di Indonesia.

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved