sunset
Info - 27 Februari 2019

5 Tips Hidup Hemat untuk Anak Kost agar Tetap Sejahtera Meski Akhir Bulan

Yuk, terapkan 5 tips agar tetap sejahtera meski akhir bulan. Jika ingin mendapat uang tambahan, mulai saja bisnis properti lewat Orento.

Ketika merantau dan tinggal di kost-kostan, mau tidak mau kamu tentu harus bisa hidup hemat. Masalahnya, kebebasan yang didapat ketika jauh dari rumah sering kali membuat anak kost abai dalam mengatur pengeluaran. Tak jarang, uang pun menipis sebelum kiriman selanjutnya kembali datang. Agar bisa tetap hidup sejahtera meski akhir bulan, berikut adalah beberapa tips hidup hemat yang sebaiknya kamu lakukan.

  • Buat Daftar Pengeluaran Bulanan

5 Tips Hidup Hemat untuk Anak Kost agar Tetap Sejahtera Meski Akhir Bulan

caspiannews.com

Tips hidup hemat pertama yang harus kamu lakukan sebagai anak kost adalah membuat daftar pengeluaran bulanan. Agar cukup sampai akhir bulan, pastikan daftar pengeluaran yang kamu buat tidak melebihi jatah uang saku dari orang tua.

Untuk memulainya, kamu bisa mencatat pengeluaran yang paling penting sampai yang tidak terlalu penting atau masih bisa ditunda. Misalnya untuk membayar sewa kost, uang makan, belanja bulanan, dan lain sebagainya. Jangan lupa, catat juga pengeluaran untuk biaya-biaya tidak terduga dan sejumlah uang untuk ditabung agar kamu masih memiliki simpanan saat menghadapi kondisi terdesak.

  • Tetapkan Jatah untuk Pengeluaran Sehari-hari

5 Tips Hidup Hemat untuk Anak Kost agar Tetap Sejahtera Meski Akhir Bulan

sparkleminds.com

Setelah membuat daftar pengeluaran bulan, selanjutnya tetapkan jatah pengeluaran sehari-hari. Cara ini sangat membantu menghindari pembengkakan pengeluaran yang dapat menyebabkan uang habis sebelum akhir bulan. Dengan menetapkan jatah untuk satu hari, keinginan membeli barang-barang yang tidak penting juga dapat dikurangi karena kamu hanya membawa uang yang cukup hanya untuk hari itu saja.

  • Belajar Menabung

5 Tips Hidup Hemat untuk Anak Kost agar Tetap Sejahtera Meski Akhir Bulan

moneycompass.com.my

Menabung akan membantu keuanganmu tetap lancar meski akhir bulan. Dengan rajin menabung, kamu juga bisa membantu orang tua karena tidak perlu lagi meminta uang ketika ada keperluan tidak terduga.

Apabila belum bisa menabung dalam jumlah besar, mulailah dari nominal-nominal yang kecil. Jika sudah terbiasa, lanjutkan dengan cara memprioritaskan sejumlah uang untuk di tabung setelah mendapat kiriman dari orang tua di awal bulan.  

  • Makan di Tempat Makan yang Murah

5 Tips Hidup Hemat untuk Anak Kost agar Tetap Sejahtera Meski Akhir Bulan

independent.co.uk

Pengeluaran untuk nongkrong di kafe dan makan di restoran yang fancy sering kali menjadi penyebab utama anak kost kehabisan uang sebelum akhir bulan. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah tempat makan murah yang pas dengan kantong mahasiswa. Makan di kafe atau restoran juga tidak masalah jika dilakukan sesekali. Intinya, jangan sampai kegiatan foya-foya yang kamu lakukan di awal bulan tetapi membuatmu harus makan mie instan di akhir bulan.

  • Hindari Kegiatan yang Kurang Penting

5 Tips Hidup Hemat untuk Anak Kost agar Tetap Sejahtera Meski Akhir Bulan

kylinfloor.com

Selain jajan di kafe dan restoran fancy, nonton bioskop tiap minggu, ngemall, atau jalan-jalan bersama teman-teman juga menjadi beberapa kegiatan yang dapat membuat uang sakumu cepat habis. Rekreasi boleh saja, tetapi ada baiknya jika tidak dilakukan terlalu sering. Tak hanya uang, waktu pun akan terbuang sia-sia.

Nah, itulah beberapa tips hidup hemat bagi anak kost yang bisa kamu terapkan mulai sekarang. Jika ingin keuanganmu semakin lancar, kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang setelah kuliah dengan cara mencari peluang usaha atau kerja sampingan, misalnya dengan berjualan, kerja part time, atau memulai bisnis properti.

Ya, meski masih kuliah, kamu sudah bisa lho memulai bisnis properti kecil-kecilan. Caranya adalah dengan menjadi co-host atau agen properti di Orento. Untuk info selengkapnya, buka saja website Orento di www.orento.id.

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved