sunset
Hosting - 25 Februari 2019

Punya Anjing dan Kucing? Pelajari Dulu Perjanjian Sewa Menyewa

Ingin bawa anjing atau kucing ke properti sewaan di Orento? Ketahui dulu peraturannya sebelum menandatangani perjanjian sewa menyewa.

Memelihara anjing dan kucing sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Anda yang menyayangi hewan peliharaan pasti ingin membawa mereka ke mana saja, termasuk saat menyewa rumah. Akan tetapi, Anda harus mempelajari isi perjanjian sewa-menyewa sebelum membawa si teman berbulu ke rumah baru. Jangan sampai hewan tersebut ditolak masuk hanya karena Anda dan pemilik rumah sewaan tidak sepakat.

Aturan Membawa Hewan Peliharaan ke Rumah Sewa

Punya Anjing dan Kucing? Pelajari Dulu Perjanjian Sewa Menyewa

komando.com

Di Indonesia, tidak ada aturan khusus membawa hewan peliharaan ke rumah atau apartemen sewaan baru. Hal ini tergantung dari kebijakan pemilik properti, dan biasanya tercantum dalam perjanjian kontrak rumah. Ada beberapa jenis aturan terkait peliharaan yang mungkin Anda temukan dalam perjanjian kontrak sewa, contohnya:

  • Dilarang membawa hewan peliharaan

Aturan ini adalah yang paling membatasi. Anda tidak boleh menyimpan hewan apa pun di dalam properti. Hal ini biasanya berlaku di apartemen atau rumah susun, walau banyak properti berupa rumah biasa yang juga menerapkan aturan ini.

  • Boleh membawa hewan peliharaan tertentu

Beberapa pemilik sewa mengizinkan penyewa untuk memelihara hewan, tetapi dibatasi pada jenis tertentu. Misalnya, penyewa boleh memiliki akuarium ikan, hamster dan marmut, atau reptil yang dipelihara di dalam terarium (kotak kaca kering), tetapi tidak boleh membawa hewan seperti anjing, kelinci, dan kucing.

  • Boleh membawa anjing dan kucing dengan batasan tertentu

Penyewa yang mengizinkan Anda membawa anjing dan kucing memang menawarkan kebebasan lebih. Akan tetapi, biasanya ada batasan tertentu untuk hewan peliharaan semacam ini. Misalnya, hewan peliharaan Anda tidak boleh dibiarkan berkeliaran di luar, atau harus diikat/masuk kandang pada jam-jam tertentu.

Informasi ini biasanya tercantum pada surat perjanjian sewa rumah. Pemilik properti sewaan juga biasanya mencantumkan keterangan tersebut di Orento.id. Calon penyewa dapat membacanya pada deskripsi peraturan di setiap halaman properti.

Tips bagi Pemilik Hewan Peliharaan sebelum Menyewa

Punya Anjing dan Kucing? Pelajari Dulu Perjanjian Sewa Menyewa

petdocclub.ie

Calon penyewa rumah wajib mematuhi peraturan di dalam surat perjanjian sewa, selama peraturan tersebut masuk akal. Pemilik properti memiliki dasar kuat untuk memperingatkan bahkan memberi sanksi pada penyewa yang melanggar kesepakatan dalam perjanjian sewa. Hal ini termasuk aturan terkait hewan peliharaan semacam anjing dan kucing, karena ada kaitannya dengan kondisi properti.

Calon penyewa sebaiknya bersikap proaktif dengan bertanya soal aturan terkait hewan peliharaan saat menemukan properti. Jika tidak menemukan klausul terkait hewan peliharaan dalam perjanjian sewa, jangan berasumsi bahwa Anda boleh membawa hewan. Mintalah izin pada pemilik properti, atau diskusikan kemungkinan kompromi untuk membawa hewan peliharaan Anda.

Informasi serta keterbukaan adalah kunci bagi pemilik hewan peliharaan untuk berburu rumah sewaan. Sebelum menandatangani perjanjian sewa menyewa, pastikan pemilik properti mengizinkan Anda membawa hewan peliharaan. 

Suka dengan artikel ini? Atau ingin membaca informasi dan tips lainnya? Dapatkan itu semua di blog.orento.id

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved