sunset
Hosting - 23 Januari 2019

Bagaimana Strategi Marketing Sewa Properti untuk Menggaet Ekspatriat?

Strategi marketing diperlukan untuk menarik minat penyewa ekspatriat, mengingat persaingan bisnis sewa properti makin ketat.

Sejak diberlakukannya ASEAN Free Trade Area (AFTA) dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun 2015 silam, jumlah ekspatriat di Indonesia bertambah. Kehadiran ekspatriat pun menjadi sasaran utama dalam strategi marketing properti. Terbukti, pada kuartal II tahun 2016, tingkat okupansi sewa apartemen ekspatriat mencapai 76,10 persen.

Memasuki tahun 2017, jumlah ekspatriat meningkat seiring dengan datangnya tenaga kerja asing ke Indonesia. Terutama di kawasan Cikarang, ekspatriat di kawasan tersebut mencapai 15.000 jiwa. Menurut Lembaga Research Colliers International, kehadiran tenaga kerja asing membuka peluang pasar bagi penyewaan properti khusus ekspatriat.

Strategi Marketing untuk Menarik Penyewa Ekspatriat

Menawarkan sewa apartemen bulanan kepada ekspatriat tidak semudah penyewa dalam negeri. Pasalnya, ekspatriat tergolong selektif ketika memilih hunian maupun bangunan kantor. Sebagai acuan, berikut ini empat strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan untuk bersaing dengan pebisnis lain dalam menggaet ekspatriat.

  • Tawarkan Properti Sesuai Standar dan Kualitas Ekspatriat

Bagaimana Strategi Marketing Sewa Properti untuk Menggaet Ekspatriat?

Sumber : Liputan 6

Ekspatriat yang masuk ke Indonesia berasal dari negara berbeda. Tentunya, mereka memiliki standar dan kualitas tidak sama. Semisal, ekspatriat Jepang mempunyai standar lebih tinggi daripada ekspatriat asal Eropa.

Baca juga: Maksimalkan Bisnis Properti Anda dengan Cara Ini

Baca juga: Persaingan Bisnis Properti Tahun 2019 Meningkat, Bagaimana Menghadapinya?

Baca juga: Ketahui Untung Rugi sebelum Memulai Bisnis Properti Rumah Kost

Jadi, jika Anda menyasar ekspatriat Jepang, pastikan properti berkualitas nomor satu. Begitu pun dari segi layanan, pengelolaan, sampai keamanan, mesti concern dengan gaya hidup mereka di negara asal.

  • Yakinkan Ekspatriat, Properti Anda Memenuhi Selera dan Ekspektasinya

Bagaimana Strategi Marketing Sewa Properti untuk Menggaet Ekspatriat?

Sumber : Psikologid

Soal selera, Anda tidak tawar-menawar dengan ekspatriat. Selain selektif, ekspatriat menginginkan properti yang memenuhi ekspektasinya. Sebagai contoh, dari segi desain, biasanya ekspatriat menghendaki properti dengan tampilan visual yang kekinian. Kecuali ekspatriat Jepang, rancangan interior klasik dan natural justru lebih memikat mereka.

  • Sesuaikan Atmosfer Lingkungan Properti dengan Karakteristik Ekspatriat

Bagaimana Strategi Marketing Sewa Properti untuk Menggaet Ekspatriat?

Sumber : Kompas Properti

Kenyamanan—bagi ekspatriat—merupakan prioritas utama saat memilih properti. Untuk itu, Anda harus memastikan lingkungan di sekitarnya sesuai dengan karakter ekspatriat. Misalnya, ekspatriat Jepang; mereka menyukai kesunyian. Maka, hindari menawarkan properti yang menyatu dengan pusat belanja.

  • Sewakan Properti yang Berada di Lokasi Strategis

Bagaimana Strategi Marketing Sewa Properti untuk Menggaet Ekspatriat?

Sumber : elang property

Lokasi menjadi pertimbangan utama bagi ekspatriat dari negara mana pun saat memilih properti. Dalam pandangan ekspatriat, properti ideal tidak hanya terletak di pusat kota, tetapi juga harus mudah diakses. Ekspatriat menginginkan lokasi strategis yang dilewati berbagai sarana transportasi serta menjangkau tempat-tempat penting.

Masih kesulitan menemukan penyewa ekspatriat untuk bisnis properti Anda? Orento siap memfasilitasi Anda untuk bertemu dengan penyewa ekspatriat yang berada di seluruh Indonesia. Platform ini juga membantu pemilik properti dan penyewa dengan proses sewa yang mudah, aman, dan tepercaya.

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved