sunset
desain interior - 20 Januari 2019

Begini Cara Mengaplikasikan Desain Interior Biofilik pada Apartemen Kecil Anda

Desain interior biofilik dipercaya mampu memunculkan efek psikologis yang positif pada pikiran. Yuk, terapkan pada apartemen kecil Anda.

Biofilik merupakan salah satu konsep interior design yang sedang tren di kalangan perancang properti, arsitek, dan desainer interior. Penataan ruang yang menggabungkan alam dengan kehidupan sehari-hari ini makin diminati karena dipercaya mampu memberikan efek psikologis yang positif pada pikiran.

Tak heran jika perusahaan besar seperti Google, Apple.Inc, dan Amazon mengaplikasikannya pada kantor mereka demi memberikan kenyamanan dan meningkatkan produktivitas karyawan. Penataan ruang ini juga sangat disukai para ekspatriat, lho.

Nah, Anda juga bisa mengaplikasikan desain interior biofilik pada apartemen kecil Anda. Begini caranya!

Baca juga: Ini Dia Tren Desain Interior yang Bakal Hits di Tahun 2019

Baca juga: Dekorasi Interior Ini Bisa Percantik Apartemen di Tahun 2019

Baca juga: Perawatan Interior Rumah untuk Disewa, Bagaimana Agar Praktis?

Ciptakan Atmosfer Alam di Ruangan

Begini Cara Mengaplikasikan Desain Interior Biofilik pada Apartemen Kecil Anda

Sumber : Vismarredo

Prinsip utama biophilic design adalah penataan ruangan agar memunculkan kesan cinta alam. Untuk itu, hindari merancang bangunan dengan pola arsitektur yang lurus dan kaku. Sebaliknya, gunakan konsep melengkung dengan pola yang sedikit kompleks agar terlihat lebih natural.

Selain fitur ruangan, pemilihan furnitur dan aksesori juga perlu diperhatikan. Pakai meja kursi yang mengusung elemen alam—dalam hal ini yang menggunakan material seperti kayu, rotan, dan semacamnya. Penambahan bantal kursi dan hiasan ruangan dengan aksen lembut juga bisa jadi opsi yang tepat.

Bermain dengan Warna

Begini Cara Mengaplikasikan Desain Interior Biofilik pada Apartemen Kecil Anda

Sumber : desain-minimalis

Salah satu tujuan penerapan desain interior biofilik adalah mengurangi stres. Untuk itu, Anda sebagai pemilik apartemen dituntut sebisa mungkin untuk bermain dengan warna-warna alam, seperti biru, cokelat, dan hijau.

Selain memunculkan kesan natural yang segar dan menenangkan, ketiga warna tersebut juga mudah dipasangkan dengan unsur dekorasi lainnya, sehingga penataan ruang menjadi lebih gampang.

Maksimalkan Sinar Matahari

Begini Cara Mengaplikasikan Desain Interior Biofilik pada Apartemen Kecil Anda

Sumber : Indochina Town

Konsep biophilic design tak terbatas pada aplikasi dan penataan ruang agar “terkesan” dekat dengan alam, tapi juga pemanfaatan elemen alam itu sendiri. Nah, salah satu prinsip yang wajib diterapkan dalam desain interior ini adalah pemanfaatan cahaya matahari.

Alih-alih menggunakan lampu sebagai penerangan, usahakan agar sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan sebanyak mungkin. Caranya, buka jendela lebar-lebar dan pasang tirai yang mudah dibuka dan ditutup.

Tanaman Hijau dalam Ruangan

Begini Cara Mengaplikasikan Desain Interior Biofilik pada Apartemen Kecil Anda

Sumber : Content Magicbricks

Terakhir, tambah tanaman hijau di dalam ruang agar apartemen terkesan lebih segar. Untuk keperluan yang satu ini, Anda bisa memilih jenis tanaman dalam pot yang bisa bertahan hidup meski hanya dengan sedikit sinar matahari.

Sekarang Anda sudah tahu cara mengaplikasikan desain interior biofilik pada apartemen kecil Anda. Rancangan sederhana ini akan membuat tempat tinggal Anda menjadi semakin nyaman dihuni.

Info tambahan untuk Anda yang ingin merentalkan furnished property berupa sewa apartemen bulanan, kunjungi saja Orento. Platform sewa-menyewa properti jangka panjang ini bisa jadi solusi untuk Anda yang tak punya waktu mengiklankan hunian untuk disewakan. Dengan proses yang aman dan transparan, Anda akan dipertemukan dengan banyak calon penyewa potensial, baik dari dalam maupun luar negeri.

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved