sunset
dekorasi rumah - 11 Januari 2019

Tips Dekorasi Rumah Bergaya Rustic untuk Milenial

Ingin menghadirkan dekorasi rustic di dalam rumah? Simak tips-tipsnya berikut ini.

Meskipun kaum milenial umumnya lebih suka memilih gaya minimalis, ternyata tak sedikit juga yang tertarik menggunakan gaya rustic untuk interior rumahnya.

Rustic sendiri merupakan konsep desain yang menekankan pada kesan natural dan keindahan alam. Elemen yang dipakai untuk desain ini biasanya didominasi oleh bahan-bahan alami seperti bebatuan, kayu, kulit, dan lain sebagainya.  Jika Anda tertarik untuk menggunakan desain ini pada interior rumah, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Baca juga: Ini Dia Tren Desain Interior yang Bakal Hits di Tahun 2019

Baca juga: Dekorasi Interior Ini Bisa Percantik Apartemen di Tahun 2019

Baca juga: Perawatan Interior Rumah untuk Disewa, Bagaimana Agar Praktis?

Tinggalkan Desain Matching

Satu hal yang perlu Anda ingat ketika menerapkan konsep rustic untuk dekorasi rumah adalah melupakan desain matching. Jadi, tak usah ragu untuk menggabungkan furnitur lama atau furnitur daur ulang dengan furnitur bergaya terbaru. Dengan mencampurkan gaya furnitur yang saling bertabrakan, kesan rustic yang muncul malah akan terasa semakin hidup dan unik.

Tonjolkan Ketidaksempurnaan

Dekorasi rustic lebih identik dengan konsep kasar atau unfinished. Karenanya, agar kesan rustic semakin terasa, tonjolkan unsur-unsur ketidaksempurnaan seperti menghadirkan dinding dengan cat yang seolah-olah mengelupas, menggunakan furnitur kayu yang sengaja tidak dipoles, memadukan balok kayu dan tali tambang untuk membuat rak dinding, dan lain sebagainya.

Padukan Kayu dan Batu

Tips Dekorasi Rumah Bergaya Rustic untuk Milenial

Lifestyle.okezone.com

Kayu dan batu adalah dua elemen yang menjadi aspek paling kuat dalam menampilkan desain rustic. Oleh sebab itu, tidak usah ragu memadukan kedua elemen ini untuk menciptakan kesan rustic yang lebih kuat.

Berikan Sentuhan Warna Natural

Tips Dekorasi Rumah Bergaya Rustic untuk Milenial

Solusiholcim.com

Selain perpaduan elemen kayu dan batu, dekorasi rustic juga identik dengan sentuhan warna-warna natural. Beberapa warna yang cocok untuk dekorasi rumah rustic antara lain seperti warna tanah, kayu, abu-abu, atau biru. Untuk menambah kesan yang lebih lembut pada ruangan, Anda juga bisa menambahkan pilihan warna lain seperti hijau tua, terakota, atau lime untuk diaplikasikan pada dekorasi atau furnitur.

Gunakan Furnitur Kayu Tanpa Finishing

Tips Dekorasi Rumah Bergaya Rustic untuk Milenial

Rumahku.com

Pilihan furnitur yang cocok untuk ruangan bergaya rustic adalah furnitur berbahan kayu yang dibiarkan tanpa polesan atau unfinished. Namun tidak usah khawatir karena meskipun dibiarkan kasar, model furnitur seperti ini dapat menimbulkan kesan alami yang lebih kuat. Konsep furnitur tersebut dapat Anda aplikasikan sebagai kursi di ruang tamu, ranjang, rak, ataupun meja makan.

Tambahkan Hiasan Floral

Tips Dekorasi Rumah Bergaya Rustic untuk Milenial

Pinterest.com

Karena konsep rustic lebih menekankan pada kesan alami dan natural, maka jangan lupa untuk memberikan sentuhan floral pada ruangan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda bisa menambahkan pajangan bunga pada meja atau hiasan kaktus pada beberapa sudut ruangan.

Padukan dengan Desain Minimalis

Memadukan gaya rustic dengan gaya modern seperti minimalis juga bisa Anda terapkan untuk menciptakan ruangan yang lebih unik dan estetik. Apabila furnitur rustic lebih identik dengan ukuran yang besar dan konsep yang kasar, dalam menerapkan konsep rustic minimalis Anda bisa menggunakan furnitur-furnitur bergaya minimalis dengan ukuran yang lebih kecil. Jika Anda bisa memadukannya dengan tepat, dijamin kesan rustic di dalam rumah akan terasa lebih unik karena memiliki sentuhan desain modern.

Nah, itulah beberapa tips dekorasi rumah bergaya rustic untuk milenials. Apabila Anda berniat untuk mencari apartemen di Jakarta, kunjungi saja Orento untuk menemukan beragam referensi terkait sewa apartemen murah di Jakarta. Semoga bermanfaat.

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved