sunset
Ekspatriat - 19 Desember 2018

Dokumen yang Dibutuhkan Tuan Rumah dari Penyewa Ekspatriat

Mau menyewakan properti kepada ekspatriat? Jangan lupa minta kelengkapan dokumen-dokumen berikut.

Pasar penyewaan properti (rumah dan apartemen) untuk ekspatriat menunjukkan tren positif. Hal ini makin didukung dengan hadirnya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang belum memiliki regulasi jelas mengenai boleh tidaknya warga negara asing memiliki properti di Tanah Air.

Nah, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk menyewakan hunian pribadi kepada mereka. Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menyewakan rumah kepada ekspatriat, salah satunya adalah kelengkapan dokumen.

Baca juga: Mau Sewa Rumah? Ini Hak dan Kewajiban Penyewa yang Perlu Anda Ketahui

Baca juga: Inilah Kriteria Apartemen yang Menarik Minat Sewa Ekspatriat

Baca juga: AC Sehat Listrik Hemat

Identitas Diri

Sumber : Imigrasi Cilacap

Setiap calon penyewa wajib menyerahkan dokumen yang memuat identitas diri, baik itu berupa national ID, paspor, maupun visa. Selain bertujuan mengetahui informasi mengenai diri penyewa, termasuk pekerjaan dan negara asalnya, kartu tanda pengenal ini juga bisa dijadikan rujukan fisik jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Surat Perjanjian Kontrak Rumah

Sumber : Gunbay dekarasyon

Dokumen yang satu ini biasanya disediakan oleh pemilik properti, tapi ditandatangani bersama-sama dengan penyewa rumah. Surat perjanjian sewa rumah berisi kesepakatan mengenai transaksi sewa-menyewakan properti, termasuk besaran tarif sewa, hak dan kewajiban masing-masing pihak, perawatan properti, durasi sewa, dan lain sebagainya.

Surat perjanjian kontrak rumah ini ditandatangani di atas meterai sehingga legal di mata hukum. Dokumen ini bisa dijadikan bagi penyewa maupun tuan rumah jika di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian.

Bukti Keterangan Kerja

Sumber : Magazine Job-like

Sebagai tuan rumah Anda berhak meminta penyewa untuk melampirkan bukti keterangan kerjanya. Lewat dokumen ini, Anda bisa mengetahui dengan jelas apa profesinya, di mana mereka bekerja, dan hal lain yang relevan.

Bukti keterangan kerja penting dicantumkan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, misalnya tunggakan membayar biaya sewa karena si ekspatriat kehabisan uang.

Surat Rekomendasi

Sumber : Jobstreet

Meski bukan dokumen yang mutlak dibutuhkan, surat rekomendasi akan sangat membantu tuan rumah dalam menyeleksi calon penyewanya, terutama mereka yang berstatus warga negara asing. Surat rekomendasi/referensi umumnya berisi informasi tentang diri si penyewa; apakah mereka layak mendapat sewa rumah/apartemen atau tidak.

Selain keempat dokumen di atas, Anda sebagai tuan rumah tentu berhak mengajukan syarat lain sesuai kebutuhan. Melalui platform Orento, Anda dapat menggunakan fitur tambah dokumen yang Anda butuhkan dari calon penyewa. Untuk mempermudah promosi penyewaan, iklankan properti Anda secara gratis di Orento. Platform sewa-menyewa properti jangka panjang ini siap memfasilitasi Anda dan penyewa dengan proses yang fleksibel, mudah, dan transparan. 

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved