sunset
surat perjanjian sewa rumah - 18 Desember 2018

5 Tips yang Harus Anda Perhatikan saat Ingin Menyewa Rumah

Sama seperti membeli rumah, mencari rumah untuk disewa juga perlu banyak pertimbangan. Perhatikan 5 tips berikut sebelum Anda menyewa rumah.

Memiliki rumah sendiri merupakan impian semua orang. Sayangnya, harga rumah yang kian mahal membuat sebagian orang harus rela menunda keinginannya untuk membeli rumah idaman.

Apabila Anda masih belum memiliki rumah sendiri, mengontrak rumah bisa menjadi salah satu alternatif. Namun, memilih rumah kontrakan tentu juga butuh banyak pertimbangan. Perhatikan 5 tips berikut ini sebelum Anda mencari rumah untuk disewa.

Pertimbangkan Harga Sewa

5 Tips Penting yang Harus Anda Perhatikan saat Mencari Rumah untuk Disewa

Sumber : yukbisniskost

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan saat mencari rumah untuk disewa adalah harganya. Sebaiknya, pilih rumah yang harga sewa yang terjangkau dan sesuai dengan bujet. Selain itu, karena menyewa rumah sifatnya hanya sementara, tentu akan lebih baik apabila Anda berhemat sehingga bisa segera membeli rumah sendiri.

Baca juga: Mau Sewa Rumah? Ini Hak dan Kewajiban Penyewa yang Perlu Anda Ketahui

Baca juga: Tips Agar Tidak Pusing Ketika Pindahan

Baca juga: Beli Furnitur Harga Terjangkau di Jakarta

Pilih Lokasi yang Strategis

5 Tips Penting yang Harus Anda Perhatikan saat Mencari Rumah untuk Disewa

Sumber : republika

Lokasi yang strategis juga penting untuk dipertimbangkan dalam memilih rumah kontrakan. Lokasi rumah yang berdekatan dengan kantor atau tempat Anda beraktivitas akan memudahkan dan membantu Anda menghemat pengeluaran untuk transportasi.

Masalahnya, rumah yang berlokasi di tengah kota dan dekat daerah perkantoran biasanya memiliki harga sewa yang lebih mahal. Untuk mengakalinya, carilah rumah yang berada di pinggiran kota tetapi memiliki akses transportasi yang mudah.

Perhatikan Kondisi Bangunan

5 Tips Penting yang Harus Anda Perhatikan saat Mencari Rumah untuk Disewa

Sumber : Bildeco

Setelah menemukan rumah dengan harga dan lokasi yang pas, perhatikan juga kondisi bangunan rumah tersebut sebelum Anda menyewanya. Pastikan rumah yang akan Anda sewa dalam keadaan baik dan layak huni, cat dindingnya tidak mengelupas, tidak ada atap yang bocor, terdapat air bersih, daun pintu dan jendelanya masih kokoh, serta tidak memiliki masalah-masalah lainnya.

Cek Lingkungan Sekitar

5 Tips Penting yang Harus Anda Perhatikan saat Mencari Rumah untuk Disewa

Sumber : bumi cimanggis indah

Memilih rumah dengan lingkungan yang nyaman dan aman juga penting agar Anda merasa betah tinggal di sana. Lingkungan yang nyaman misalnya jauh dari tempat pembuangan sampah, sisa-sisa pembuangan pabrik, atau selokan yang berbau. Sementara, lingkungan yang aman maksudnya tidak rawan kerusuhan dan pencurian.

Pilih yang Dekat dengan Fasilitas Umum

5 Tips Penting yang Harus Anda Perhatikan saat Mencari Rumah untuk Disewa

Sumber : Gagaksipat.desa

Selain memilih rumah di lokasi yang mudah dijangkau alat transportasi, sebaiknya pilih juga kawasan yang dekat dengan fasilitas umum seperti sekolah, tempat ibadah, rumah sakit, serta pusat perbelanjaan dan hiburan. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah jika ingin menjangkau tempat-tempat tersebut dan menghemat pengeluaran untuk transportasi.

Demikianlah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika mencari rumah untuk disewa. Hal lainnya yang juga tak boleh Anda abaikan adalah perjanjian kontrak rumah. Agar tidak ada satu pihak yang dirugikan dan pihak lain yang diuntungkan, pastikan Anda dan pemilik rumah telah sama-sama menyetujui surat perjanjian sewa rumah yang dibuat.

Bagi Anda yang sibuk sehingga tidak memiliki waktu luang untuk menyurvei rumah kontrakan, Orento bisa membantu Anda menemukan hunian yang tepat dengan cara yang praktis dan mudah. Untuk info selengkapnya, silakan kunjungi situs resmi Orento di  https://www.orento.id.

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved