sunset
Pengusaha Properti - 13 Desember 2018

4 Faktor yang Memengaruhi Harga Sewa Apartemen di Jakarta

NJOP bukan lagi patokan menentukan harga sewa apartemen di Jakarta. Simak 4 faktor yang memengaruhi harga sewanya sekarang.

Sebagai kota metropolitan terbesar di Indonesia, Jakarta menjadi tempat tujuan generasi produktif dari berbagai pelosok daerah untuk bekerja. Padatnya kesibukan dan ancaman kemacetan menjadi alasan sejumlah pekerja menyewa apartemen yang dekat dengan lokasi kantor atau tempat kerjanya, yaitu untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Walaupun harga sewa apartemen di Jakarta lebih tinggi dibandingkan kota lainnya, cara ini masih menjadi pilihan sebagian besar pekerja.

Harga Sewa Apartemen di Jakarta: Nomor 19 Termahal di Dunia

4 Faktor yang Memengaruhi Harga Sewa Apartemen di Jakarta

Sumber : Money Smart

Dilansir dari BBC.com, sebuah studi yang dilakukan oleh kelompok RENTCafe pada 30 kota besar di dunia menyatakan bahwa Jakarta masuk sebagai kota ke 19 dengan harga sewa apartemen termahal. Tidak tanggung-tanggung, seseorang harus menghabiskan setidaknya sepertiga dari gaji tahunannya untuk menyewa apartemen.

Baca juga: Inilah Kriteria Apartemen yang Menarik Minat Sewa Ekspatriat

Baca juga: 5 Tips Hemat Sewa Apartemen Jakarta

Baca juga: Waspada Hal Ini sebelum Sewa-Menyewakan Apartemen Fully-Furnished

Di satu sisi, harga sewa yang tinggi tersebut tentu menguntungkan bagi para pengusaha properti. Di sisi lain, para penyewa harus berusaha menyeimbangkan pengeluaran tahunannya. Untuk itu, dibutuhkan penyesuaian harga sewa apartemen agar kedua belah pihak—pemilik dan penyewa apartemen—mendapatkan keuntungan yang sepadan. Berikut adalah 4 faktor yang berpengaruh pada harga sewa apartemen Jakarta.

  • Lokasi

4 Faktor yang Memengaruhi Harga Sewa Apartemen di Jakarta

Sumber : Apartemen review

Lokasi menentukan banyak hal seperti aksesibilitas apartemen terhadap tempat umum, perkantoran, dan transportasi publik. Semakin mudah dijangkau, semakin tinggi pula harga sewa apartemen di Jakarta. Misalnya saja, harga sewa apartemen di kawasan CBD dan kawasan premium di Jakarta rata-rata mengalami peningkatan hingga 1,5% per tahunnya. Sementara itu, peningkatan harga sewa apartemen di kawasan nonpremium tidak mencapai 1%. Data tersebut diambil dari Laporan Industri Properti Indonesia tahun 2017 oleh Lamudi.

  • Furnitur dan Fasilitas

4 Faktor yang Memengaruhi Harga Sewa Apartemen di Jakarta

Sumber : Sky House BSD

Apakah apartemen yang disewakan fully furnished, atau memiliki fasilitas gedung seperti kolam renang, laundry, atau toko swalayan? Jika iya, harga sewanya haruslah lebih tinggi dibandingkan apartemen yang kosong dan tidak berfasilitas. Sebagian calon penyewa mengerti mengenai hal ini dan mau membayar lebih demi kenyamanan kehidupan sehari-hari di apartemen.

  • Hitungan Capital Rate

4 Faktor yang Memengaruhi Harga Sewa Apartemen di Jakarta

Sumber : Materi Umum

Capital Rate adalah tingkat kapitalisasi yang dihitung dari modal harga apartemen dan keuntungan dari sewa yang didapat pemilik setiap tahunnya. Untuk apartemen sendiri, nilai rata-ratanya adalah 7%-10% tergantung lokasi dan harga beli apartemen. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan harga apartemen dengan rate tersebut. Hasil yang didapat bisa dijadikan patokan harga sewa tahunannya.

  • Asuransi Apartemen

4 Faktor yang Memengaruhi Harga Sewa Apartemen di Jakarta

Sumber : 99.co

Hampir setiap pengembang mewajibkan pemilik untuk membayar biaya asuransi apartemen. Asuransi tersebut biasanya meliputi segala kerugian yang disebabkan oleh faktor eksternal, seperti kerusuhan, bencana alam, perusakan oleh oknum tidak bertanggung jawab, hingga kebakaran. Menurut Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), polis asuransi rumah dan apartemen juga mencakup seluruh barang yang ada di dalam unit.

Dengan kata lain, harga sewa apartemen di Jakarta per tahun seharusnya sudah mencakup biaya asuransi yang dikeluarkan oleh pemilik. Selama menggunakan unit, penyewa juga mendapatkan perlindungan untuk barang-barang pribadinya.

Selain keempat faktor di atas, fleksibilitas harga sewa apartemen di Jakarta masih bisa tercapai melalui negosiasi. Dengan memanfaatkan platform Orento.id, pemilik apartemen bisa bernegosiasi dengan cara yang praktis dan aman. Memiliki sistem yang mudah dimengerti dan verifikasi data yang aman, Orento.id bisa menjadi pilihan tepat untuk menyewakan atau mencari apartemen untuk disewa di berbagai daerah di Indonesia.

Bagikan artikel ini:
© 2018 Orento. All rights reserved